Halo teman-teman, adakah di antara teman-teman yang tidak memperdulikan kualitas sablon kaos yang ingin teman-teman beli. Atau umumnya hanya melihat dan memegangnya sekilas? Oke disini saya akan memberikan beberapa metode penyablonan kaos digital. Oke langsung saja ke yang pertama.

 

1.Sablon kaos dengan teknik DTG

Sablon kaos teknik DTG (Direct To Garment) adalah teknik penyablonan dengan cara mengtransfer tinta khusus DTG. Printer DTG hampir sama dengan Printer biasa. Jika printer biasa di peruntukan untuk media cetak kertas. Tapi, printer DTG merupakan Printer dengan Media cetak kain. Cara metode ini sangat mudah, teman-teman hanya perlu mendesain gambar melalui software di komputer lalu di kirim untuk di cetak ke media kain. Yang di butuhkan untuk menggunakan teknik DTG, Teman-teman hanya memperlukan mesin DTG, Komputer dan mesin hot press.

 2. Teknik Cutting

Teknik Cutting adalah metode sablon kaos flock yang bisa menghasilkan efek timbul pada hasil akhirnya. Jika dibandingkan dengan teknik lain yang menggunakan printer, teknik ini menggunakan mesin pemotong seperti plotter atau mesin cutting sticker baru kemudian di press menggunakan mesin heat press. Pada dasarnya teknik ini adalah menutupi pori-pori pada kaos. Jadi, teman-teman hnya memrlukan mesin cutting dan mesin hotpress.

3. Teknik Sublimasi

Teknik yang ketiga adalah teknik sablon Sublimasi. Sablon sublimasi ini memiliki cara kerja dengan cara desain gambar yang di cetak terlebih dahulu ke transper paper. Setelah di cetak di kertas transfer paper, kemudian transfer paper yang sudah terdapat desainnya di press di media kaos yang ingin di sablon.  Ada juga cara lain di teknik sublimasi. Yaitu menggunakan cara Rolling. Caranya, Transfer paper yang sudah di desain di rolling dengan suhu minimal 200° C di atas bahan yang mau di sublimasi. Dalam Prosesnya lebih cepat rolling di bandingkan heat press.

Bagaimana, sekarang teman-teman sudah bisa membedakannya? Untuk mengetahui Teknik siapa yang lebih unggul saya belum tahu pasti. Tapi yagn terpenting itu tergantung selera atau kebutuhan kalian. Oke, saya cukupkan untuk artikel kali ini. Kurang lebihnya mohon maaf. Sampai jumpa di artikel selanjutnya^^.