Pasti anda tidak asing dengan nama Pamflet,Leaflet,dan Brosur. Tetapi apakah anda tahu perbedaan dari ketiga media cetak tersebut? Kali ini saya akan membahas ketiga media yang biasa dipakai untuk advertising atau iklan. Agar nantinya anda semakin mudah untuk mengenali tiga media iklan ini.

-Pamflet

sumber: pinterest.com

Pamflet adalah selebaran kertas yang biasanya memberikan informasi dan 1 topik khusus. Pamflet sendiri di desain lebih ringkas dari brosur karena tujuannya untuk menginformasi para pembaca dengan jelas dan mudah apa isi informasi dari pamflet tersebut. Pamflet memiliki 3 jenis sesuai dengan pembahasannya; Pamflet pemerintahan/layanan masyarakat,pamflet pendidikan,pamflet budaya.

-Leaflet

sumber: jacksplat.co.uk

Leaflet biasa digunakan untuk sarana promosi,identifikasi dan penyebaran informasi. Leaflet memiliki ukuran paling kecil dibandingkan dengan pamflet dan brosur. Isi dari leaflet sendiri hanya memakai kisaran 200 sampai 400 kata saja,dan panjang leaflet pun tidak lebih dari 30 cm. Biasanya leaflet menggunakan gambar untuk memudahkan pemahaman pembaca.

-Brosur

sumber: creativemarket.com

Brosur biasa dipakai untuk kebutuhan promosi suatu produk kepada konsumen. Brosur bisa berbentuk selebaran,ada yang dilipat dan kadang ada juga yang di jilid. Brosur biasanya dicetak pada waktu tertentu sesuai dengan kebutuhan. Proses penyebaran brosur juga sangat mudah karena anda tinggal mencari tempat ramai orang dan bagikan satu-satu. Biaya pembuatan brosur pun tidak mahal dan desainnya kini sudah semakin bagus. Kertas yang dipakai biasanya memakai kertas yang glossy agar terlihat lebih menarik.

Cara pembuatan ketiga media di atas pun sangat mudah. Anda tinggal membuat desain awal dengan ukuran sesuai aturan cetaknya di software yang anda kuasai,atau bisa juga dengan mengunduh template gratis yang biasa tersedia di marketplace desain. Lalu anda tinggal mencetaknya dalam bentuk kertas dan distribusikan sesuai target pasar anda.

Begitulah penjelasan tentang perbedaan antara pamflet,leaflet,brosur. Bagaimana? Setelah membaca artikel ini,apakah anda sudah dapat membedakan antara 3 media tersebut? Sekilas memang terlihat sama,namun ternyata sangat berbeda. Semoga artikel ini dapat bermanfaat dan bisa anda pelajari.