Mengulik sedikit sejarah dari desain grafis, kata desain grafis itu berasal dari dua buah kata yaitu desain dan grafis. Kata desain ialah proses pembuatan atau pengaturan awal sebelum merancang sesuatu, sedangkan grafis ialah titik yang dapat membentuk atau membuat sebuah garis yang di lakukan dalm proses cetak mencetak.

Kata desain grafis itu pertama di gunakan pada tahun 1922 di sebuah esay berjudul new kind of printing call for new design yang di tulis oleh William Addison dwiggins seorang designer amerika.

Perlu kita ketahui juga desain grafis adalah bentuk komunikasi visual, seperti tulisan bentuk dan gambar yang bertujuan untuk menyampaikan sebuah informasi atau pesan yang di sampaikan menggunakan indra visual secara efektif.

Sedangkan desainer grafis adalah orang atau pelaku desain grafis yang membuat dan mengolah untuk menyampaikan pesan-pesan tersebut yang di sampaikan melalui pengaplikasian yang di buat oleh seorang desainer grafis tersebut.

Tanpa kita sadari dalam kehidupan kita sehari-hari sangat banyak hasil karya desain layaknya yang bisa di lihat, diraba, itu adalah salah satu bentuk dari desain visual. Dari bentuknya pun sangat banyak sekali kita temui yaitu contohnya sepanduk, poster, brosur, handphone, rambu lalu lintas dan lain-lain. Dan adapun software yang banyak di gunakan oleh desainer grafis untuk membuat sebuah karya desain grafis yaitu adobe photoshop, illustrator,coreldraw.

Dengan demikian setiap profesi dan kegiatan yang kita lakukan mempunyai sisi positif masing-masing. Berikut akan di jabarkan mengenai manfaat desain grafis itu sendiri menurut bidangnya masing-masing:

  1. Manfaat dalam kehidupan

Di dalam masyarakat desain grafis itu sendiri mempunyai beberapa manfaat yaitu

  • Meningkatkan daya ingat

Mengingat pesan-pesan melalui daya visual jauh lebih mudah di ingat di banding dari media lain.

  • Sebagai sumber inspirasi

Dari bentuk desain grafis itu sendiri dapat menginspirasi dan meningkatkan kekreativitas orang yang melihat.

  • Memahami terhadap suatu peraturan

Dalam suatu instansi banyak yang memanfaatkan karya desain grafis untuk menyampaikan suatu pesan-pesan sebuah peraturan agar di terima oleh masyarakat luas dan mampu di pahami.

  1. Manfaat dalam bidang pendidikan
  • Mengenalkan siswa tentang desain grafis

Dalam pembelajaran, siswa juga harus memperhatikan kekreativan yang ia punya dan mampu meningkatkannya. Dan dengan adanya pembelajaran pengenalan tentang desain grafis itu, ialah agar para siswa dapat menjadikan desain grafis sebagai pembelajaran, akan membuat siswa meningkatkan imajinasi kekreativan mereka terhadap bidang seni dan dapat di diimplementasikan dalam kehidupan dan lingkungannya.

  • Mempermudah kepahaman siswa

Dalam penyampaian proses pembelajaran kebanyaka seorang siswa lebih mudah memahami pelajaran melalui indra visual layaknya hasil dari karya seni desain grafis. Gambaran dan bentuk yang mendukung akan mudahnya sebuah proses pembelajaran dan siswa mampu memahami dan mengingat pembelajaran tersebut.

  1. Manfaat dalam dunia hiburan
  • Untuk menarik perhatian masyarakat

Memanfaatkan karya desain grafis dalam sebuah dunia hiburan sangatlah penting dalam respon masyarakat terhadap hiburan tersebut. Dalam pembuatan temanya pun sangat penting dan di uji, agar dapat menarik perhatian masyarakat untuk merespon hiburan tersebut. Tanpa adanya respon masyarakat dapat menjadi salah satu penghalang suatu dunia hiburan akan runtuh tak berkembang, maka dari itu sangat di perlukan sekali dukungan dari desain grafis untuk permasalahn itu.

  • Sebagai media penyampaian pesain moral

Dalam dunia ini, apalagi di dunia demokrasi seperti sekarang ini sangatlah mementingkan sekali nilai moral. Dalam dunia hiburan tak mudah dalam menyampaikan pesan moral. Tak hanya dengan hiburan, tapi dengan mengolah kembali hiburan yang telah dilakukan dalam bentuk desain grafis akan memudahkan masyarakant untuk menerimanya.

  1. Dalam bidang teknik
  • Membuat suatu rancangan

seorang arsitek yang bekerja sebagai seorang pendesain bangunan yang menganggap sebuah sketsa atau rancangan itu sangat di perlukan menjadi bahan pokok, Dan desain grafis menjadi modal utama dalam pembangunan desain, membuat sebuah sketsa tersebut untuk memberi kemudahan para klien dalam memahami bentuk bangunan yang akan di buat sebelumnya.

 

Kita juga telah mengetahui banyak sekali di luar sana manfaat-manfaat dari desain grafis. Terlebih pada era teknologi informasi seperti sekarang ini, desan grafis dapat menjadi bentuk kebutuhan untuk mendapatkan sebuah komunikasi dan informasi yang lebih menarik untuk masyarakat luas. Pesannya jangan mudah putus asa tetap tingkatkan kekreativan anak bangsa, lestarikan ilmu desain, ambil ilmu positifnya, dan jadikan pembelajaran.