Warna merupakan salah satu hal terpenting dalam mendesain, sebuah warna akan mempengaruhi visual sebuah desain. Pemilihan warna yang tepat adalah prinsip yang harus di perhatikan karena cukup berpengaruh untuk tingkat keberhasilan suatu desain. Sebuah desain harus memilki daya tarik yang kuat dengan semua media yang di aplikasikannya sesuai target.

Warna yang asal-asalan akan membut desain anda tidak menarik dan memikat para audien. Melainkan akan menjadikan mata orang yang melihatnya akan menjadi sakit.hal tersebut juga akan membuat desain tidak berkelas dan norak jika pemilihan warna tidak sesuai dengan informasi yang kita buat dalam sebuah karya desain.

Beberapa hal yang harus kita perhatikan dalam pemilihan warna:

1.Konsep

Sebuah konsep dalam mendesain adalah hal terpenting yang harus kita perhatikan, dengan menkonsep kita bisa menganalisa desain tersebut membutuhkan warna lembut, redup, kontras, monokrom, colorful atau vaiasi warna lainya. Ide yang imajinatif akan mengarah pada bentuk visual yang bagus oleh sebab itu menerjemahkan konsep dengan baik akan melahirkan sebuah desain dengan pemilihan warna yang seimbang dan menarik perhatian tapi tidak berlebih-lebihan.

2.Pemilihan Warna

Desain yang menarik bukanlah desain yang kita buat menggunakan semua warna yang ada pada colorchart, pilihlah warna yang tepat agar desain yang kita hasilkan bagus maka pilihlah 1-2 warna utama yang akan kita gunakan untuk keseluruhan apabila kita memakai banyak warna harus kita pertimbangkan dengan konsep sebuah desai n yang kita buat. Karena jika kita berekperimen terlalu jauh dari konsep yang telah di buat akan menjadikan desain yang akan kita hasikan kurang maksimal.

3.Kontras

Warna kontras dalam sebuah desain harus kita perhatikan juga karena daya tarik sebuah desain bisa jadi akan lebih kuat dengan warna kontras. Jika kontras warna yang kita aplikasikan asal-asalan maka audiens tidak akan bisa membedakan mana fokus utama dan mana yang seharusnya di kesampingkan sehingga informasi dapat tersampaikan dengan benar.

4.Irama

Irma yang baik yang kita sandingkan dengan ilustrasi tulisan dan tata akan letak dapat membangun sebuah irama yang baik. Dengan memperhatikan sebuah desain dengan berbagi elemenya maka keseimbangan desain akan mengoptimalkan karya yang akan kita hasilkan.

5.Audiens

Pemilihan warna untuk desain harus memperhatikan audiens. Karena setiap audiens memiliki selera yang berbeda oleh karena itu kita harus memperhatikan siapa yang akan menjadi target karya desain grafis kita karena audiens anak muda, dewasa dan bayi memiliki ketertarikan warna yang berbeda. Misalanya warna gelap akan membidik audies yang berkarakter keras dan kuat sedangkan warna pastel di gunakan untuk target pasar audiens yang berkarakter lembut.