Sebagai seorang desainer grafis kita harus tau apa saja yang terdapat pada desain grafis terutama unsur unsurnya, unsur desain grafis adalah suatu dasar yang harus diketahui untuk para pendesainer grafis, agar dapat mengkombinasikan sebuah objek dengan unsur yang ada.

Adapun unsur yang terdapat dalam desain grafis yaitu :

  1. Garis adalah unsur yang menghubungkan suatu titik ke titik lainnya sehingga membentuk garis atau bisa juga disebut dengan goresan nyata dan batas limit suatu benda.
  2. Bidang adalah bentuk tanpa ketebalan, mempunyai dimensi panjang lebar dan luas, mempunyai kedudukan arah dan dibatasi oleh garis.
  3. Tekstur yaitu suatu nilai kasar atau halusnya suatu benda.
  4. Ruang merupakan suatu jarak agar karya tidak terlalu padat dalam penempatannya pada sebuah bidang dan menjadikan sebuah objek menjadi dominan.
  5. Ukuran yaitu yang menentukan besar kecilnya suatu objek.
  6. Warna merupakan hal yang terpenting dalam mendesain, karna tanpa adanya warna, suatu objek tidak akan terlihat bentuk dan rupanya.

Untuk para pendesainer grafis wajib tahu unsur-unsurĀ  yang terdapat dalam desain grafis , karena untuk itu terus berlatih dan terus menggali tentang desain grafis agar bisa menjadi pendesainer yang ahli.