Pengertian dan Penjelasan Singkat Resume / CV (Curriculum Vitae)

Resume / CV adalah Catatan hidup seseorang yang mencakup data pribadi (nama lengkap) keahlian/skill, pengalaman (organisasi ataupun pekerjaan, informasi kontak (alamat atau sosial media yang dimiliki), latar belakang pendidikan serta penghargaan ataupun pencapaian yang telah dicapai. Akan tetapi seringkali juga ditambahkan dengan sesuatu yang berhubungan dengan pekerjaan yang akan dilamar dan portofolio hasil kerja sebelumnya.

Resume atau CV (Curriculum Vitae) pastinya dimiliki oleh setiap orang yang akan dan ingin melamar pekerjaan. Karena dengan CV (Curriculum Vitae) ini banyak sekali kegunaan yang akan kita peroleh.

Akan tetapi, sampai jaman sekarang ini masih banyak para calon pekerja yang memiliki Curriculum Vitae dengan hanya diketik menggunakan Word dan dicetak dengan kualitas yang standar, pastinya membaca CV yang seperti ini akan sangat membosankan dan jangan heran apabila pada akhirnya CV tersebut akan dibuang ke tempat sampah karena hanya dianggap kertas biasa saja. Maka dari itu buatlah Curriculum Vitae kalian dengan sekreatif mungkin dan tentunya berkualitas tinggi pula.

“Perushaan mencari kandidat yang relevan dan sesuai dengan jabatan yang kosong”

Padahal jika seandainya mau berpikir lebih kreatif lagi dengan mengubah sedikit tampilannya menjadi lebih menarik maka kemungkinan resume anda diterima akan lebih besar. Karena sama halnya dengan sebuah brosur atau poster, secara logika tampilan Resume / CV yang menarik dan dengan paduan warna dan layout yang bagus bisa lebih mendorong keinginan orang untuk membacanya dari pada Resume yang di buat seadanya.
Alasan Kenapa Harus Membuat Curriculum Vitae yang Baik dan Menarik

Alasan Pentingnya Menyusun Resume yang Baik Dalam Karir Anda

Membuat Resume / CV yang baik merupakan tantangan tersendiri terhadap para pencari kerja baru. Kebanyakan orang akan lebih terfokuskan terhadap isi konten yang akan ditulis didalam cv tanpa memikirkan layouter yang akan diberikan, padahal layouter/ cara penempatan itu sangat penting untuk diperhatikan. Curriculum Vitae yang bagus itu akan menentukan dan memberi peluang wawancara kerja. Berikut merupakan beberapa alasannya:

Kesan Pertama
Kebanyakan perusahaan menilai seseorang itu dilihat dari pertama kali dia melihat data diri pertama kali perusahaan itu lihat. Sperti para calon pekerja yang memberikan cv mereka ke sebuah perusahaan, perusahaan tersebut akan melihat data, kelebihan pengalaman dan data diri lainnya yang terdapat dari si calon pekerja ini, jika data yang diberikan cukup meyakinkan maka perusahaan tersebut biasanya memanggil si calon pekerja itu untuk wawancara kerja.

Menunjukkan Apakah Anda Cukup Profesional
Dalam pembuatan CV/ Curriculum Vitae ini, diusahakan kita membuatnya dengan tampilan yang cukup dapat meyankinkan dan mestinya harus terlihat lebih profesional. Dengan itu akan meningkatkan kepercayaan terhadap siapa saja yang melihat cv kita.

Mudah Dicari
Dengan Cv/ Curriculum Vitae akan mempermudah sebuah perusahaan untuk mencari anda (pelamar kerja) apabila diterima, karena didalam cv sudah terdapat kontak pribadi anda.

Menujukkan Apakah Anda Tertata
Sebuah Resume / CV harus didesain serapi mungkin. data yang kita tuliskan didalam cv kita harus kita tempatkan ditempat-tempat yang pantas dan usahakan terlihat rapi dan dimengerti saat membaca. Didalam penempatan ini sebuah perusahaan akan dapat menilai kepribadian dari si pelamar ini, apakah si pelamar ini seseorang yang mempunyai kepribadian rapi ataupun tidak.

Stand Out
Buatlah Cv kalian itu terlihat mencolok daripada CV/ Curriculum Vitae yang orang lain buat. Dan buatlah sesuatu yang jelas membedakan antara cv mu dengan cv orang lain.

Isi CV Secara Umum
Sebagian pelamar pasti sudah mengetahui hal ini jadi bagi yang sudah tahu bisa lompati bahasan ini. Tapi bagi Fresh Gratitude, informasi ini mungkin akan sangat menolong sebagai panduan dalam memuat CV yang baik.

Dalam penyusunan data didalam cvpun harus diperhatikan tataurut nya pula sebagai berikut :

Identitas Diri – Nama lengkap, alamat, nomor telpon dan email
Pendidikan Terakhir – Termasuk tahun masuk, tahun lulus serta nilai Akhir
Personal – Gambaran singkat diri Anda
Keterampilan/Skil – Keahlian yang Anda miliki, termasuk yang Anda dapatkan dari training ataupun kursus
Pengalaman Kerja – Informasi pekerjaan Anda sebelumnya atau penghargaan yang pernah Anda dapatkan
Informasi Lain – Yang berhubungan dengan Anda seperti hobi, minat dan referensi lain tentang diri Anda yang berhubungan dengan perkerjaan yang Anda lamar

mungkin sekian sedikit ilmu yang dapat saya sampaikan …..

good bye,,,,,,,,,