Hello guys apa kabar? Mungkin dalam dunia desain grafis bukan hanya huruf alfabet yang yang dibutuhkan. Sesekali mungkin kita memerlukan tulisan berbahasa Arab (menggunakan huruf hijaiyah) sesuai permintaan klien misalnya untuk pembuatan banner. Nah, kali ini saya menuliskan artikel tentang bagaimana sih caranya membuat teks menggunakan tulisan berbahasa Arab (huruf hijaiyah). Yuk langsung saja. Check it out!

  1. Klik ujung kiri bawah (yang ada icon windows-nya) untuk mencari aplikasi pada pc. Lalu klik settings seperti pada gambar dibawah.2. Pada layar monitormu akan muncul tampilan menu windows settings. Pilihlah menu Time & Language

3. Selanjutnya klik region & language

4. (Akan muncul tampilan seperti ini) lalu klik add a language

5. Akan muncul banyak pilihan bahasa disini. setelah itu carilah bahasa Arab lalu klik next

6. Klik install untuk meng-instal bahasa Arab yang tadi dipilih. secara otomatis bahasa arab yang tadi kamu pilih akan masuk ke list bahasa yang dapat kamu gunakan

7. Setelah kamu selesai dengan setting bahasa, selanjutnya aktifkan On- Screen Keyboard dengan cara mengklik di kolom “Type here to search”

8. Jika sudah muncul on screen keyboard, pilihlah menu yang menunujukan bahasa yang digunakan (disini ENG) yang ada disebelah kanan bawah monitor lalu klik pilihan arabic.

9. Kamu bisa langsung menggunakannya. Sebelumnya jangan lupa klik tools text untuk memulai penulisan

10. Ketika kamu ingin menambahkan harakat pada huruf hijaiyah klik shift dan harakat yang akan kamu gunakan secara bersamaan. O ya jangan lupa tempatkan kursor mu tepat di huruf yang hendak kamu beri harakat.

Bagaimana, kawan. Mudah bukan? Selamat mencoba ya

Semoga bermanfaat