(sumber : tipspercetakan.com)

Typografi

Sebuah seni yang mempelajari segala sesuatu tentang huruf baik dalam pemilihan, penataan, begitupun pengaturan dalam ruang-ruang yang tersedia. Sehingga mudah untuk si pembaca mendapatkan kenyamanan, huruf itu juga sama seperti wajah, harus ada pesan visualnya.

Beberapa istilah yang berkaitan dengan typografi :

1. Typeface

Typeface itu sebuah rancangan karakter dari sekumpulan huruf, jadi lebih kepada alatnya. Untuk menjelaskan sebuah bentuk visual menjadi sebuah bentuk bahasa.

2. Typefont

Typefont itu suatu kumpulan lengkap dari huruf, angka, symbol, atau karakter yang memiliki ukuran dan gaya khusus untuk berkomunikasi.

3. Typestyle

Typestyle itu gaya atau varian huruf, jadi setiap varian itu berpengaruh terhadap keindahan tipografi yang disusun, untuk memunculkan karakter visual yang meliputi : weight, angel, dan elaboration.

Anatomi huruf

Setiap huruf itu memiliki keunikan bentuk fisik yang dapat membedakan huruf tersebut, seperti perbedaan huruf M dan P atau C dan Q .

Dan juga terdapat jenis-jenis huruf diantaranya :

  • Roman/serif : bentuk huruf yang memiliki tungkai/ekor pada setiap ujung bentuk, juga memiliki ketebalan dan ketipisan yang kontras pada garis-garis huruf.
(sumber : creativemarket.com)
  • Sanserif : bentuknya runcing/lengkung, dan memilki ketebalan yang sama atau hampir sama, beda dengan serif yang memiliki ekor pada setiap ujung huruf.
(sumber : weakwings.blogspot.com)
  • Display : huruf ini biasanya khusus digunakan untuk menarik pembaca misalnya digunakan untuk brand, iklan, atau acara tv, sampul buku, dan billboard.
(sumber : fontbundles.net)
  • Slab serif : huruf ini mempunyai ketebalan dan bentuk yang lebih besar contohnya judul yang ada pada majalah, dan pamflet.
(sumber : pinterest.com)
  • Hand draw : tulisan tangan yang sifatnya vector/kartun, huruf ini mudah dibaca namun ada juga yang sifatnya sulit dibaca karena mengandung karakter dan mood desainer ketika membuatnya.
(sumber : creativemarket.com)
  • Script : huruf ini lebih kepada tulisan sambung memiliki beberapa gaya mulai dari kasual, rapih, dan elegan.
(sumber : 1001font.com)
  • Retro : huruf ini biasanya membawa pembaca kepada era kuno dengan potongan huruf yang kreatif
(sumber : spoongrapics.co.uk)
  • Dingbat : kumpulan icon yang disatukan dalam bentuk huruf
(sumber : pinterest.com)
  • Monospaced : jenis ini mempunyai ruang horizon, punya spasi yang sama.
(sumber : wikipedia.org)
  • Novelty : huruf ini mempunyai klasifikasi khusus untuk sesuatu yang dicetak, biasanya hanya 1 kata saja. Dianggap yang tidak termasuk dalam kumpulan font utama
(sumber : designmodo.com)
  • Comic : jenis ini ditempatkan pada box yang berdampingan pada gambar lain, dan termasuk font yang mudah dibaca.
(sumber : pinterest.com)
  • Stencil : jenis ini memiliki ciri huruf capital dengan ujung bulat dan coretan utama yang mencolok
(sumber : pinterest.com)
  • Blackletter : bentuk yang memiliki tambahan ornamen diatas huruf/perubahan pada bagian atas, banyak orang yang menyebutnya sebagai Gothic atau Old English. Contohnya judul novel/nama band.
(sumber : fontsrepo.com)
  • Calligraphic : tulisan kuno yang menggunakan pena dengan ujung datar untuk membuat huruf unik dan artistic, Jadi gerakan penanya itu menentukan ketebalan pada garis. Contohnya digunakan untuk surat undangan atau surat formal.
(sumber : urbanfonts.com)

 

Peranan huruf dan tipografi itu sangat penting dalam penyampaian informasi, maka penting bagi desainer untuk mengetahui, mengenali, dan memahami karakternya.

sekian terimakasih, semoga bermanfaat 🙂