teknoles.net

Bekerja menjadi seorang desainer grafis membuat anda harus semakin jeli dalam memilih komputer, ya, karena komputer dapat diibaratkan sebagai kendaraan anda dalam melakukan desain. jika kendaraan yang anda pakai bagus dan berkualitas, pasti anda akan merasa nyaman ketika mengendarainya, sama halnya dengan komputer untuk desain grafis. Jika aplikasi yang dipakai untuk melakukan desain grafis hanya aplikasi coreldraw, maka tidak apa memilih komputer standar. Berbeda kalau memakai aplikasi lebih bagus, sehingga mengharuskan anda untuk melihat spesifikasi komputer desain grafis dan baru membelinya.

Sebagai seorang desain grafis yang profesional tentunya sangat penting bagi anda dalam menentukan spesifikasi komputer desain grafis. Penentuan spesifikasi dilakukan agar saat bekerja komputer yang kita gunakan ngga ngeheng alias lemot, karena kebanyakan aplikasi yang digunakan. Seperti yang telah kita ketahui bahwa aplikasi desain grafis memakan banyak sekali memory komputer kita.

Nah pada kesempatan kali ini saya akan berbagi sedikit tips untuk memilih komputer desain grafis. Yuk simak!

4 Spesifikasi Komputer Desain Grafis yang Sangat Penting

Melakukan desain grafis sepenuhnya dilakukan dengan menggunakan komputer. Bila anda melihat beberapa aplikasi desain grafis seperti Adobe Flash, Adobe Illustrator, Adobe Photoshop, Adobe Premiere, 3Ds Max, AutoCAD, Inkscape dan GIMP yang semua aplikasinya hanya bisa dibuka melalui komputer atau PC. Anda harus memperhatikan komputer yang terbaik dalam keperluan editing desain grafis. Sekarang ini komputer yang ada di toko memiliki banyak sekali jenisnya. Bahkan setiap brand dapat memiliki jenis komputer lebih dari 5 macam. Karena banyaknya jenis komputer  di toko, pasti akan membuat anda merasa kebingungan dalam memilih mana komputer yang terbaik. Jika hanya karena itu yang membuat anda bingung, maka kali ini saya akan memberi saran untuk komputer yang akan anda beli. Anda dapat menjadikan artikel ini sebagai patokan anda untuk membeli komputer sesuai dengan kebutuhan desain anda.

idntimes.com
  1. Harus Mempunyai CPU 4 Core / Threads Atau Lebih

Sebenarnya CPU atau prosesor yang digunakan untuk desain grafis harus memiliki lebih dari 4 core / threads. Mengapa harus lebih dari 4 Core / Threads? Karena ini bertujuan untuk meminimalisir terjadinya kendala yang tidak diinginkan saat bekerja seperti delay, crash dan lag. Semua kendala itu dapat membuat pekerjaan yang sedang anda kerjakan menjadi terhambat bahkan tidak selesai tepat pada waktunya. Semakin banyak jumlah dari core / threads maka kinerja aplikasi desain grafis akan semakin cepat dan pekerjaan kita pun menjadi lebih cepat selesai

  1. Penyimpanan Media Kapasitas 1 TB

Komputer yang akan anda pakai untuk desain grafis, harus memiliki media penyimpanan minimal 1 TB. Karena seorang desain grafis tentunya membutuhkan ruang penyimpanan media yang cukup besar. Dengan kapasitas penyimpanan sampai 1 Tb, maka anda dapat menyimpan berbagai macam file didalam komputer anda.

Besarnya ruang penyimpanan komputer dapat membuat kinerja PC menjadi meningkat. Bila Anda harus memilih diantara media penyimpanan SSD dan 1TB, maka dengan tegas anda harus menjawab penyimpanan kapasitas 1 TB. Jelas sekali media penyimpanan tersebut paling besar.

pintarkomputer.com
  1. Sudah Memiliki Sistem Operasi 64 bit

Mengapa harus menggunakan sistem operasi 64 bit? Karena pada komputer kebanyakan memiliki software editing yang paling modern ditujukan untuk komputer dengan platforms windows. Melihat hal tersebut maka anda harus memasang sistem operasi yang sesuai dengan windows 8.1 dengan 64 bit. Anda juga bisa memilih windows 10 64 bit.

Komputer yang memiliki spesifikasi seperti yang tertera diatas pasti memiliki harga yang sangat mahal, nah sebagai gantinya, anda bisa memilih pemasangan sistem operasi Linux saja yang versinya 64 bit. Menggunakan sistem operasi tersebut sudah dapat memudahkan pekerjaan anda menjadi desain grafis profesional.

  1. RAM Minimal 8 GB

spesifikasi komputer desain grafis yang sangat penting yaitu RAM. Seorang desain grafis harus memilih komputer dengan RAM minimal 8 GB. Jenis RAM yang digunakan juga harus paling terbaru dan tidak boleh keluaran lama. Semakin besar kapasitas RAM komputer anda, maka proses mendesain dan editing anda semakin cepat. Dikarenakan software desain memakan bayak penggunaan RAM, maka anda harus mempertimbangkan pemilihan ukuran RAM pada komputer yang akan anda beli.

Spesifikasi komputer desain grafis harus dipertimbangkan dengan baik demi kelancaran kerja. Bila pekerjaan lancer, maka proses penyelesaian desain dan editingpun bisa cepat selesai. Apakah anda sudah bisa menentukan komputer atau PC yang sesuai dengan spesifikasi di atas? Tentukan sekarang juga demi kelancaran pekerjaan anda.

Demikianlah artikel mengenai spesifikasi komputer desain, semoga artikel ini bermanfaat untuk teman-teman sekalin.