www.dosenpendidikan.co.id

Dalam dunia Desan Garfis tidak akan pernah terlepas dari Tipografi, kenapa demikian? karena dalam dunia desain grafis tipografi diperlukan agar pesan fisual yang hendak kita sampaikan dapat dimengerti dan difahami dengan mudah.

Pengertian Tipografi

 Tipografi atau dalam bahasa Inggris Typography  atau bisa juga disebut tata huruf merupakan suatu ilmu dalam memilih dan menata huruf dengan pengaturan penyebarannya pada ruang-ruang yang tersedia, untuk menciptakan kesan tertentu, sehingga dapat menolong pembaca untuk mendapatkan kenyamanan membaca semaksimal mungkin.

 Pengertian Tipografi Menurut Para Ahli

  1. Danton Sihombing

Dalam Buku “Tipografi Dalam Desain Grafis”, Tipografi merupakan suatu representasi visual dari sebuah bentuk komunikasi verbal dan merupakan suatu  properti visual yang pokok dan efektif bahwa pengetahuan mengenai huruf dapat dipelajari dalam sebuah disiplin seni yang disebut dengan tipografi (typografi).

  1. Sudiana

Sudiana (2001: 2): Tipografi dapat memiliki pengertian luas, yang meliputi penataan dan pola halaman, atau juga setiap barang cetak. Pengertian yang lebih sempit juga hanya meliputi pemilihan, penataan, dan berbagai hal yang bertalian pengaturan baris-baris susunan huruf (typeset), tidak termasuk ilustrasi dan unsur lain bukan huruf pada halaman cetak.

  1. Idarmadi

Idarmadi: Typografi adalah sebuah karya seni penggunaan jenis huruf. Yang adalah sebuah karya seni yang cukup rumit, apalagi kerumitannya ditambah dengan medium design web yang terbatas tetapi juga adalah suatu element yang sangat penting dalam komunikasi dengan para pengunjung.

 

Dalam tipografi dikenal juga dengan istilah karakteristik huruf. Karakteristik huruf merupakan watak atau kekhasan huruf dimulai dari huruf A-Z, karakter yang berbeda dapat menimbulkan kekontrasan dan evek visual sendiri. Perbedaan tampilan yang pokok dalam huruf dibagi menjadi tiga bentuk.

  • Berat
  • Proporsi
  • Kemiringan
  1. Berat

Berat merupakan perubahan dari struktur bentuk dasar huruf yang terletak pada perbandingan antara tinggi dari huruf yang tercetak dengan lebar stroke. Ditinjau dari beratnya huruf dibedakan menjadi tiga jenis, yaitu light, regular, dan bold.

galaxign.weebly.com

2. Proporsi

 

Proporsi merupakan perbedaan antara tinggi huruf yang tercetak dengan leber huruf itu sendiri. Proporsi huruf sendiri terbagi menjadi tiga jenis, yaitu : Condensed, Regular, dan Extended.

galaxign.weebly.com

3. Kemiringan

Huruf yang tercetak miring dalam terminologi tipografi disebut italic. Huruf italic biasanya digunakan untuk memberi sebuah penakanan pada sebuah kata.

Disamping itu, huruf-huruf ini juga dipipakai untuk menunjukan kata-kata atau istilah asing, “Buaya (Crocodylidae) merupakan hewan pemakan daging.” Kemiringan yang bagus untuk sebuah tulisan adalah 12o . umumnya huruf italic tidak digunakan pada teks yang panjang, biasanya ia hanya digunakan untuk memberikan keterangan dari sebuah gambar, highlight sebuah naskah, dan lainnya.

rikyta.blogspot.com