Halo teman-teman, terimakasih telah mengunjungi artikel ini. Pada kesempatan kali ini saya akan menyampaikan 3 software terbaik untuk mendesain web. Tapi sebelum itu, Saya ingin bertanya, apa yang teman-teman pikirkan tentang web? HTML? Harus belajar coding? Ya memang tidak akan terlepas dari sana. Tapi, Terdapat Software-Software yang dimana teman-teman tidak perlu ribet untuk masalah pemograman HTML atau yang lainnya. Oke kita langsung saja ke yang pertama.

1. Adobe Dream Weaver

Adobe Dreamweaver merupakan website builder sekaligus web deploy tool yang populer. Aplikasi ini dianggap sebagai perpaduan sempurna antara WYSIWYG dan HTML editor yang lebih konvesional. Dreamweaver pertama kali dikembangkan oleh Macromedia, tapi kemudian diakuisisi oleh Adobe Inc, di tahun 2005.

Awalnya, Dreamweaver menawarkan perpetual license, metode pembayaran sekali seumur hidup untuk menjalankan software ini. Namun kini Dreamweaver beralih ke layanan berbasis langganan atau subscription dengan menggunakan struktur Adobe Creative Cloud.

Adobe Dreamweaver CC merupakan software integrated development environment (IDE), yang artinya aplikasi ini menyediakan berbagai tool dan bantuan untuk pengembangan web. Terlebih lagi, dengan fitur Creative Cloud, Anda dapat menginstal software Adobe yang lainnya untuk meningkatkan produktivitas Teman-teman.

Dengan Dreamweaver, Teman-teman bisa membuat dan mengatur tampilan website menggunakan metode drag-and-drop di dashboard, yaitu memindahkan sejumlah elemen yang dibutuhkan. Bahkan Dreamweaver juga dapat digunakan sebagai editor kode konvesional – mengatur kode hanya dengan teks, lalu mengupload website langsung ke server.

2. Figma

 

Yang kedua adalah Figma, figma adalah aplikasi terbaik untuk para desainer berkolaborasi dan membuat desain secara bersama-sama.Pada dasarnya, Figma adalah sebuah tools desain dan membuat prototype berbasis cloud untuk proyek digital. Aplikasi yang satu ini memiliki kelebihan yaitu mempermudah penggunanya untuk melakukan kolaborasi dengan semua anggota tim di mana saja dan kapan saja.

Lewat situs resminya, Figma menyatakan dirinya sebagai aplikasi yang akan memudahkan kerja sama antar tim dalam proses membuat, menguji, dan mengirim desain jadi lebih mudah.

Salah satu fitur yang paling ditonjolkan oleh Figma adalah kemudahan kolaborasi dengan sesama anggota tim seperti yang sudah disinggung di atas. Seperti yang dijelaskan oleh Envato Tuts, kelebihan terbesar dari aplikasi yang satu ini adalah memungkinkan kolaborasi langsung dari para desainer secara real time.Jadi, dengan kata lain setiap desainer bisa langsung bekerja dan membuat perubahan pada desain yang sedang dikerjakan secara bersama-sama.

3. Bootstrap

Yang terakhir adalah Bootstrap, Bootstrap merupakan salah satu Software untuk memper mudah teman-teman menyelesaikan program untuk web (HTML,CSS dan JavaScript). Lebih lengkapnya, di kutip dari beberapa sumber, Bootstrap adalah kumpulan potongan kode yang dapat digunakan kembali yang ditulis dalam HTML, CSS, dan JavaScript. Namun, ini adalah free dan open-source front end web development framework untuk membantu Anda membuat situs web dan aplikasi web yang responsif.

Manfaat dari kegunaan Bootstrap adalah, Responsif, kemudahan penggunaan, Pengembangan cepat, Dapat disesuaikan, Mendukung, dan Opensource.Pemakaian yang mudah dimengerti bagi pemula menjadi ketertarikan tersendiri dari software ini.

Beberapa perusahaan raksasa terkenal juga menggunakan jasa Bootstrap. Seperti Linkedln, Spotify, Snapchat, Twitter, NASA, Vogue, dan beberapa juga lainnya yang menggunakan jasa Bootstrap.

Oke, mungkin cukup sampai sini pembahasan pada artikel kali ini. Bagaimana teman-teman? Apa kalian tertarik menggunakan salah satu software di atas untuk proyek teman-teman? Tinggal pilih mana yang menurut teman-teman cocok.

Saya akhiri, sampai jumpa pada artikel selanjutnya^^.