Sebagai anak desain,sudah menjadi hal yang biasa berurusan dengan dunia percetakan. Nah,pasti diantara kalian masih ada yang bingung nama jenis-jenis kertas yang biasa di pakai untuk mencetak hasil desain. Yang pastinya kertas yang dipakai harus disesuaikan dengan hasil desain kamu dan sesuai proyek yang sedang kamu kerjakan.

Jenis-jenis kertas untuk mencetak;

1.HVS

sumber: cacarizkyy.blogspot.com

Kertas ini pastinya sudah tidak asing lagi di telinga kamu kan? Karena kertas ini memang yang paling sering ditemukan dan digunakan untuk berbagai macam kebutuhan. Teksturnya yang kasar akan memudahkan kita untuk menulis dan mencetak sesuatu diatasnya.

Kertas HVS memiliki berbagai macam ukuran,mulai dari ukuran A4 sampai A0 dan F4 sampai Q4. Berat kertasnya sendiri pun bermacam-macam dari 60 gsm,70 gsm,80 gsm,sampai 100 gsm. Kertas ini memiliki harga yang sangat terjangkau,sehingga jika kamu perlu mengumpulkan tugas dan harus di revisi tak perlu khawatir akan mengeluarkan uang banyak.

2.Art Paper

sumber: importer.co.id

Kertas ini biasanya digunakan untuk keperluan membuat poster,brosur,photocard,dll. Karena memiliki tekstur yang licin,halus dan agak mengkilap,kertas ini cocok untuk kebutuhan mencetak gambar berwarna karena hasilnya akan lebih detail dan lebih jelas. Tebal kertas ini pun bermacam-macam dari 85gsm, 100gsm, 115gsm, 120gsm, dan 150gsm. Kekurangan dari kertas ini adalah,karena teksturnya yang licin membuat kertas ini tidak bisa dipakai untuk menulis.

3.Kertas Duplex

sumber: www.blibli.com

Pasti kamu pernah melihat kertas ini sebelumnya karena kertas ini biasa ditemukan untuk penggunaan kemasan produk seperti kotak nasi, kotak susu,dll. Kertas ini memiliki 2 sisi kertas yang berbeda,yang satu berwarna putih dan agak mengkilap dan yang satunya berwarna abu-abu agak berserat dan lebih kaku. Sisi kertas yang putih yang biasa digunakan untuk mencetak. Ketebalan kertasnya pun beragam dari 210gsm, 230gsm, 250gsm, 270gsm, 300gsm, 360gsm, 350gsm, dan 400gsm.

4.Kertas Concorde

sumber: lutfyzein.blogspot.com

Kertas ini memiliki tekstur yang tebal, lembut, dan agak kasar yang membuat permukaannya timbul. Kertas ini sering digunakan untuk membuat sertifikat,undangan,kalender,amplop,dll. Variasi warnanya juga banyak dan tersedia untuk warna soft juga. Ketebalan kertas concorde ini pun beragam mulai dari 160gms, 220gms, dan 250gms.

Itulah beberapa jenis kertas yang sering kita temui untuk kebutuhan mencetak. Jika ingin mencetak jangan lupa untuk memperhatikan tebal-tipis dari kertas tersebut ya. Semoga artikel ini bermanfaat.

 

sumber foto: cinqueterremaine.com