Halo teman-teman! Kabar gembira nih buat kamu yang memiliki bisnis kecil-kecilan atau yang biasa disebut UMKM,karena pada artikel kali ini saya akan memberitahu kalian tentang pentingnya sebuah packaging produk jualan kamu,terutama untuk kamu yang menjual makanan. Zaman sekarang banyak sekali kan pesaing penjual makanan,nah apa sih yang harus kamu lakukan sebagai penjual makanan agar para konsumen tertarik dengan apa yang kamu jual dan mereka bisa hafal dengan keciri-khas an produk kamu? Yap,apalagi kalau bukan desain packaging.

Dengan desain packaging yang menarik,konsumen atau calon pembeli akan tertarik dengan jualanmu entah karena desain illustrasinya,warna packagingnya,ataupun bentuk dari packagingnya. Dengan desain packaging,produk jualan kamu akan lebih mudah dikenal orang karena memiliki ciri khas sendiri. dengan desain packaging yang menarik bisa juga meningkatkan daya saing mu loh karena kebanyakan orang akan tertarik dengan visual terlebih dahulu.

Nah sebenarnya apa sih fungsi penting dari desain packaging sendiri? fungsi desain packaging yaitu; dapat meningkatkan kepuasan konsumen,sebagai ciri khas produk kamu sendiri diantara produk lainnya,wadah atau tempat dari produk yang kamu jual,dan melindungi produk kamu agar tidak cepat rusak. Banyak sekali kan manfaat dari fungsi packaging sendiri,dengan memperbagus desain packagingmu bisa jadi kamu lebih cuan loh!

Kira-kira apa aja sih cara menarik konsumen dan calon pembeli dengan memaksimalkan desain packaging kamu? Simak sampai habis ya…

1.Memahami prinsip dasar Desain Packaging

Ada enam prinsip dasar desain packaging yang harus kamu ketahui,yaitu;

Clarity and Simplicity (kejelasan dan kesederhanaan)

Contoh desain packaging yang baik adalah yang memiliki bentuk dan desain yang sederhana dan jelas tanpa melupakan ciri khas produk kamu. Dengan ini para konsumen akan langsung tertuju dan tertarik pada produk kamu.

Honesty (kejujuran)

Cobalah sebisa mungkin untuk membuat desain illustrasi packaging kamu tidak membuat konsumen kecewa,jika ingin membuat illustrasi agar terlihat enak jangan sampai berlebihan yang bisa membuat cap buruk pada produkmu.

-Authenticity (keaslian)

Keaslian sebuah desain packaging akan membentuk identitas khas produkmu sendiri. disini tergantung ke-kreatif-an dalam mendesain sebuah desain packaging.

-Shelf impact

jika pelanggan melihat produkmu terpampang di rak,produkmu akan terlihat lebih menonjol tapi tidak terlihat aneh sendiri dengan desain packaging lainnya.

-Extensibility

Buatlah desain packaging yang memungkinkan untuk jangka lama dan jika ada produk baru dari produkmu,perbedaan desainnya tidak terlalu mencolok.

-Practicality

Dengan desain packaging kamu yang praktis dari segi ukuran dan fungsi wadah,pelanggan akan tertarik dengan produk kamu.

2.Memahami elemen-elemen Desain Grafis

Ada enam elemen desain grafis yang perlu kamu pahami,yaitu; garis,bentuk,warna,tekstur,value,ruang. Dengan memahami elemen desain grafis hasil desain mu nantinya akan mengubah persepsi.

3.Memilih warna dasar

Warna adalah salah satu hal yang paling menarik konsumen juga nih,tetapi jangan lupa dengan psikologi warna yang harus disesuaikan dengan produk jualan kamu ya

4.Mencantumkan informasi produk

Jangan lupa mencantumkan informasi poenting dari produk kamu ya. Yang sekiranya perlu konsumen ketahui dari produkmu.

5.Memberi kesan positif

Kesan positif akan membuat konsumen cepat hafal dengan produkmu dengan menambahkan ilustrasi lucu atau kata-kata yang dapat membuat konsumen senang.

Nah,sekarang kamu sudah tahu kan pentingnya sebuah desain packaging dalam penjualan produk? Semoga artikel ini bermanfaat untuk kamu dan bisa menambah pengetahuan kamu ya…

 

sumber gambar: Pinterest.com