Teman-teman pasti taukan bahwa Desain grafis sekarang sudah sangat berkembang pesat di dunia , ya tentu software sangat di butuhkan oleh seorang desainer. Yang mana sekarang software buatan Adobe dan juga Corel masih banyak diminati oleh kalangan desainer.

Yang menjadi permasalahan adalah  software buatan Adobe dan juga Corel ini perlu pembayaran untuk bisa mengunakan nya .oleh karna itu  banyak orang mengunakan software versi  illegal nya,padahal itu sangat merugikan dan dilarang.tapi jangan kawatir di sini saya akan merekomendasi 4 sofware Desain Grafis gratis terbaik.

Dengan software gratis ini kamu juga bisa membuat logo,vector dan lain nya yang hasilnya juga akan sama seperti hasil Adobe Illustrator, Corel Draw, Photoshop dan geng-gengnya.

Penasaran? Berikut 4 rekomendasi software Desain Grafis gratis terbaik.

1.Inkscape

 

Inkscape adalah suatu aplikasi perangkat lunak yang di gunakan dalam membuat gambar vector.tujuan utama di buatnya Inkscape adalah untuk menjadi prangkat grafik mutakir yang memenuhi setandar.

Jika anda telah mahir dalam mengunakan software adobe illustrator dan anda tidak dapat membeli software adobe illustrator karena harga nya yang lumayan mahal maka software yang sangat di rekomendasikan karena software ini mempunyai kegunana hampir sama seperti adobe illustrator.

Kelebihan dari software Inkscape adalah aplikasi ini tidak berbayar (gratis),banyak pilihan warna,file ringan,file yang di hasilkan berkualitas,dan tool yang di sediakan lumayan lengkap Dan kekurangan software Inkscape adalah tidak bisa mengedit dari file yang berbeda,tidak bisa edit bitmap,expore file terbatas,dan tidak bisa multi page.

2. GIMP

 

Software gratis yang kedua ada GIMP, GIMP adalah sebuah perangkat lunak yang di buat untuk merubah atau manipulasi gambar bitmap.

Software ini memiliki kelebihan dan kekurangan yaitu:

Kelebihan:

-Aplikasi yang ringan.

-Support, pada system Windows, Linux, & MAC OS.

-Bisa menampilkan file gambar ataupun foto dari berbagai macam format.

-Mengedit layar teks lebih mudah

-Gratis dan mudah untuk didownload

Kekurangan:

-Filter dan efeck masih sedikit.

-Masih sedikit plug-in yang tersedia

-Hanya mendukung 8 bits per-channel

 

3. Krita

 Krita adalah perangkat lunak desain grafis yang banyak  di pakai oleh illustrator dan konseptor artist.

Software ini sangat cocok untuk kamu yang suka membuat gambar karya komik.karena software ini memiliki fitur template word bubble untuk membuat komik dan fitur yang sudah biasa ada seperti berbagai macam brush, brush stabilizers, resource manager, drawing assistants.

Namun, bila kamu ingin menggunakan software ini, pastikan kamu memiliki memori komputer yang cukup, karena software ini banyak menyedot penyimpanan memori anda.

 

4. Blender

Software yang ke 4 ini pasti tidak asing lagi di kalangan desaner terutama di kalangan desaigner 3D.

Blender ini banyak digunakan untuk membuat film animasi, efek visual, model cetak 3D, aplikasi 3D interaktif dan permainan video. Sehingga membuat blender menjadi slah satu software desain 3D terbaik saat ini.

Sekarang kamu tak perlu mengeluarkan uang sedikitpun untuk dapat berkerasi membuat desain 3D karena Blender merupakan software gratis.

Namun software ini juga memilki kelebihan dan kekurangan yaitu:

Kelebihan:  – Kapasitas penyimpanan yang digunakan sedikit.

– Mudah digunakan.

-Ringan .

Kekurangan: – Tools dan fitur yang tersedia tidak terlalu lengkap.

-Tidak ada fitur otomatis.

Nah itulah 4 software desain yang dapat saya rekomendasikan untuk para kalian yang ingin membuat desain tanpa keluar biaya sedkitpun.

Bagaimana? Apakah kalian tertarik untuk menginstal salah satu software di atas ke prangkat anda?

Semoga informasi ini dapat bermanfaat.