PNG (Portable Network Grapichs) sering kita gunakan, entah itu untuk bahan transparan atau yang lainnya. Sebenarnya apa PNG itu? Di kutip dari Wikipedia, PNG (Portable Network Grapichs) adalah salah satu format penyimpanan citra yang menggunakan metode pemadatan yang tidak menghilangkan bagian dari citra tersebut (Inggris lossless compresion). Kesimpulannya, PNG merupakan format yang dapat menghilangkan background putih yang mengganggu (transparan) 

Sebagai Seorang Desainer atau editor foto, Pasti teman-teman suka bingung untuk mencari bahan PNG, Benarkan? Terkadang ribet karena iklan, ataupun kualitasnya yang kurang bagus. Nah, pada artikel kali ini saya akan membagikan info beberapa website mendownload PNG terbaik.

  1. Pngtree

Yang pertama adalah pngtree. Ada banyak gambar berformat PNG transparan di sini, berbagai kategori, dan kualitas terbaik. Untuk mengunduh di pngtree, teman-teman hanya perlu mendaftarkan diri menggunakan E-mail teman-teman saja. Tapi yang sangat di sayang kan bagi pengguna gratis, untuk kuota mendownloadnya di batasi. Yaitu hanya 2 buah perhari. Selebihnya teman-teman harus membayar atau menunggu untuk hari esok.

  1. Freepik

Kedua yaitu Freepik. Di Freepik walau ada opsi masuk (login), teman-teman tidak perlu login untuk mendownload. Tinggal pilih kategori apa yang teman-teman inginkan cari, lalu download sesuai kebutuhan teman-teman. enak juga ya hehehe. Tapi, sama seperti pngtree. Ada beberapa yang harus bayar terlebih dahulu (premium) untuk kita download.

 

  1. Pngdownload ID

Dan yang terakhir adalah Pngdownload ID. Bagi teman-teman tidak ingin ribet di karenakan harus login kesana kemari, website ini bisa menjadi pilihan yang tepat, kita juga bisa menggunakan keyword Bahasa Indonesia. Dan cukup lengkap koleksi gambar mereka. Dan yang terpenting, tidak ribet karena iklan hehe..

 

Oke, mungkin hanya itu saja yang bisa saya sampaikan. Ohh iya, dari semua website di atas, itu belum tentu tidak ada hak ciptanya. Jadi, teman-teman sebaiknya mengecek terlebih dahulu apakah gambar itu bebas hak cipta atau tidak. Jika teman-teman ingin menggunakannya untuk perusahaan atau bisnis, saya sarankan untuk tidak menggunakan gambar dari web-web di atas. Jikalau teman-teman ingin, saya sarankan untuk membeli. Agar menghindari penuntutan soal hak cipta..