Bagi anda yg suka dengan dunia Desain pasti tidak asing lagi kan dengan 3D Desain? Selain memiliki nilai seni yg sangat tinggi, 3D desain ini juga penting bagi kehidupan sehari-hari untuk mengetahui perkembangan dunia digital dan juga dunia gambar. 3D Desain juga di manfaatkan untuk pembuatan sebuah sketsa bangunan, otomotif dan juga denah gografis.

Lisensi untuk menggunakan software pemodelan 3D di pasaran saat ini kebanyakan tidak murah.

Nah disini saya akan merekomendasikan beberapa versi gratis dari software design 3D.

Untuk menghemat waktu dan tenaga Anda, kami telah mengumpulkan perangkat lunak 3D terbaik untuk Anda download.

Berikut adalah 5 Software 3D Desain Terbaik dan Gratis:

1. Blender 3D

Blender adalah rangkaian kreasi 3D yang gratis dan open source. Blender mendukung konsep 3D secara keseluruhan modeling, rigging, animasi, simulasi, rendering, compositing, dan motion tracking, bahkan video editing dan pembuatan game. Pengguna yang telah mahir menggunakan API milik Blender yang ditujukan pada scripting python untuk menyesuaikan aplikasi ini dan menulis tools yang telah dikhususkan; biasanya semua ini dimuat pada fitur Blender versi selanjutnya. Blender sangat cocok bagi studio kecil dan perorangan yang mendapatkan untung dari konsep pemersatuannya dan proses pengembangan yang responsif. Contoh dari banyak proyek yang berbasis Blender bisa dilihat di bawah (tentang fitur Blender 3D

2. Google SketchUp

SketchUp adalah aplikasi pemodelan 3D intuitif yang memungkinkan Anda membuat dan mengedit model 2D dan 3D dengan metode “Push and Pull” yang telah dipatenkan. Alat Dorong dan Tarik memungkinkan para perancang untuk mengekstraksi setiap permukaan datar menjadi bentuk 3D. Yang harus Anda lakukan adalah mengklik objek dan kemudian mulai menariknya sampai Anda menyukai apa yang Anda lihat.
SketchUp adalah program yang digunakan untuk berbagai proyek pemodelan 3D seperti arsitektur, desain interior, arsitektur lansekap, dan desain video game, untuk menyebutkan beberapa kegunaannya.

3. Autodesk TinkerCAD

Di TinkerCAD, TinkerCAD hampir sama dengan level awal karena mendapatkan desain perangkat lunak 3d dengan mudah. Ini membantu semua orang dapat melihat situs lengkap desain serta alat pemodelan di sekitar perangkat lunak ini. Untuk membuat model 3D lemari mainan anak-anak dengan nyaman agar berfungsi dengan cara yang lebih baik. Kami dapat menggunakan banyak pustaka bentuk pra-model dan menggunakan perangkat lunak ini untuk mulai membuat model sesuatu yang berbeda dan cepat. TinkerCAD adalah pilihan yang bagus dari plastik yang menyala untuk semua orang seperti anak-anak menonton The Vampire Diaries. Dalam desain yang canggih, para profesional dapat menemukan nilai dalam menyimpan semua sumber dalam bantuan hard drive.

4. Daz3D

Dalam desain perangkat lunak 3D gratis ini, Daz3D sarat dengan alat untuk animasi 3D membantu menghasilkan data penangkapan gerak yang akan diedit jika kebutuhan kita ada banyak kemungkinan untuk desain perangkat lunak 3D yang ditawarkan kepada pengguna. Alat Puppeteer akan menampilkan model yang berbeda dalam garis waktu program dapat dengan mudah memindahkan semua sisi gerakan untuk menghasilkan secara otomatis. Ini sebagian besar bernilai pasar tempat kami dapat membeli atau menjual model kami apa pun yang dibuat, pose, dan pose pemodelan dengan menggunakan desain perangkat lunak 3D gratis ini.

5. LibreCAD

Dalam desain perangkat lunak 3d gratis ini, ini akan berisi alat dasar untuk memodelkan objek dan kita dapat dengan mudah memodifikasi desain kami Dalam perangkat lunak pemodelan 3D gratis bersumber terbuka ini. Sangat cocok bagi pemula untuk menguasai program dengan cepat dan penuh semangat. Kita dapat menyukai baris perintah layar yang terorganisir dengan baik untuk mengikuti alur kerja.