sumber : maxipro.com

Hello everybody… Welcome back to my article!! Pada artikel kali ini akan dijelaskan mengenai warna RGB dan CMYK.  So, simak penjelasan berikut ya…

Dalam dunia desain grafis terutama dalam bidang percetakan kita sering kali mengenal istilah warna RGB dan CMYK. Dan itu merupakan warna pokok yang tentunya memiliki fungsi yang berbeda. Sebelum membahas lebih jauh kita harus tau dulu apa itu warna RGB dan CMYK.

Warna RGB adalah warna pencahayaan yang biasa digunakan di media elektronik seperti televisi, kamera foto, monitor computer, scanner dll. RGB singkatan dari Red Green Blue. Warna ini bertujuan sebagai pengindraan dan presentasi gambar dalam bentuk visual yang berfungsi membagi intensitas cahaya untuk mencerahkan warna latar belakang yang gelap (hitam).

Dari pengertiaan diatas, mengapa warna ini disebut warna pencahayaan? Karena warna ini merupakan warna additive yang apabila warna red, green dan blue di kombinasikan akan tercipta warna putih. Para desainer grafis biasa menggunakan warna ini karena memang hasilnya terlihat lebih cerah dan berwarna. Namun apabila untuk keperluan percetakan biasanya menggunakan warna CMYK yang akan dibahas dibawah ini.

Warna CMYK yang merupakan singkatan dari Cyan, Magenta, Yellow, Key ini adalah warna yang bisa digunakan untuk percetakan. Warna ini biasa disebut warna proses atau empat warna. Mengapa dikatakan begitu ? Karena CMYK adalah sebuah model warna berbasis pengurangan sebagian gelombang cahaya (substractive color model) dan yang umum dipergunakan dalam pencetakan berwarna. So, agar kita mendapatkan gambar yang sempurna dibutuhkan minimalnya 4 tinta yang biasa disebut tinta/warna proses. Tinta proses adalah tinta yang dipergunakan ntuk mereproduksi warna dengan proses teknik cetak tertentu, seperti offset lithography, rotogravure, letterpress ataupun sablon.

Oiya, dalam singkatan tersebut mengapa tidak menggunakan Cyan, magenta, yellow,black? Karena menurut teori warna,  kata Key merupakan warna kunci  sehingga tanpanya warna jadi tidak lengkap,  ketika warna Cyan, Magenta, dan Yellow dicampur maka akan didapatkan warna Black. Kurang lebih seperti itulah penjelasanya.

Lalu apasih perbedaan yang sangat mendasar antara warna RGB dan CMYK?

  1.  RGB
  • RGB Merupakan warna pencahayaan ( Additive )
  • Biasa digunakan untuk visualpada media elektronik
  • Ketika semua warna disatukan menjadi satu akan menjadi warna putih ( terang )

2. CMYK

  • Merupakan warna proses ( subtractive )
  • Biasa digunakan untuk percetakan atau printing
  • Ketika semua warna disatukan menjadi satu akan menjadi warna hitam ( gelap )

Itulah sedikit pemaparan tentang warna RGB dan CMYK . Oke, cukup sekian. Semoga bermanfaat. Sampai jumpa di artikel selanjutnya ya… 🙂