Halo teman-teman, kembali lagi dengan saya. Pada artikel kali ini saya akan membahas perkembangan logo yang berhubungan tentang salah satu brand electronik terkenal di Indonesia yaitu Samsung. Teman-teman pasti sudah mengenal beberapa produk yang di produksi oleh Samsung seperti Smartphone, Dll. Oke sebelumnya mari kita bahas sedikit tentang  Perusahaan Samsung.

Samsung Group adalah perusahaan konglomerat multinasional terkemuka yang berkantor pusat di Samsung Town, Seoul-Korea Selatan. Perusahaan ini didirikan pada tahun 1938 oleh Lee Byung-chul awalnya didirikan sebagai perusahaan yang bergerak dalam bidang perdagangan. Namun seiring perkembangan waktu dan pasar yang bergerak dinamis, Samsung saat ini menjelma menjadi salah satu produsen perangkat elektronik terbesar di dunia. Beberapa anak perusahaan terkenal yang termasuk dalam Samsung Group adalah Samsung Electronics, Samsung Heavy Industries, Samsung Engineering, Samsung C & T, Dan Samsung Life Insurance. Dengan total aset sebesar US $ 384.300.000.000 pada 2011, Samsung mempekerjakan lebih dari 369.000 orang di seluruh dunia.

Desain Logo dan Perkembangan

Menurut pejabat perusahaan, nama perusahaan berasal dari Bahasa Korea Hanja “Samsung” yang berarti “tristar” atau “tiga bintang”. Ini menyebabkan, versi awal dari gambar logo Samsung selalu menonjolkan tiga bintang dalam berbagai bentuk dan warna.

Samsung memperkenalkan identitas perusahaan baru pada tahun 1993, merayakan ulang tahun ke-55 perusahaan. Dominasi warna biru pada gambar logo Samsung sekarang telah menjadi salah satu logo yang paling populer dan dapat langsung dikenali di pasar elektronik. Pada ganmbar logo Samsung yang baru menampilkan latar belakang biru dalam bentuk oval yang diputar sekitar sepuluh derajat dari sumbu x, sehingga menghasilkan rasa ketegangan dinamis. Selain itu, tulisan “Samsung” yang seolah overlap pada background membuat seolah ada efek sorotan cahaya biru pada tulisan “Samsung”. Warna Biru pada Logo Samsung saat ini menggambarkan Keunggulan dan kehandalan. Dan warna putih melambangkan Kemurnian dan Keanggungan.

Dan mengenai font yang di pakai, merupakan custom font yang dibuat khusus sebagai identitas utama perusahaan, yang memiliki kekuatan dalam branding sehingga mudah diingat walaupun dalam bentuk siluet sekalipun.