Pilih sebuah foto yang berkualitas sangat tinggi (paling tidak 300 dpi) dan dalam format lanskap. Cobalah untuk memvisualisasikan bagaimana tampak sebuah foto ketika dibagi dua – apakah paruhan sisi kanan tampak cukup kuat? Apakah paruhan sisi kiri tetap memiliki detail yang menarik yang akan berkerja dengan baik pada bagian belakang sampul? Mengapa tidak membalikkan foto (dalam Photoshop, pilih Image dari menu atas, kemudian Image Rotation, dan pilih Flip Canvas Horizontal) untuk melihat apakah paruhan sisi kanan akan tampak lebih baik sebagai sampul depan.
2. Percantik Warna Fotomu Dalam Photoshop
Langkah 1
Kamu dapat mengedit fotomu untuk melengkapi warna yang akan kamu gunakan pada sampul akhir.

Saya ingin menggunakan empat contoh warna untuk teks pada sampul akhir. Salah satunya adalah warna ‘hangat’ dan yang lainnya adalah warna ‘sejuk’, yang berkerja dengan baik untuk kontras terhadap sebuah foto gelap. Ada juga Pantone yang merupakan pilihan terbaik jika kamu ingin memastikan sampul cetak akhir yang warnanya sedekat mungkin dengan desainmu. Dua warna lainnya yang akan saya gunakan bersifat ‘netral’, sebuah hitam dan putih:

Swatches
Foto yang saya pilih telah memiliki beberapa warna hijau – kita dapat melakukan beberapa perbaikan halus pada foto untuk meningkatkannya, sehingga foto itu tampak lebih cocok dengan pantone hijau mint yang akan digunakan di dalam teks sampul.

Langkah 2
Buka fotomu dalam Photoshop. Duplikasikan layer sehingga kamu dapat menyimpan salinan utuh dari foto aslinya. Pergi ke Select New Fill or Adjustment Layer at di bagian bawah sisi kanan dock dan pilih Color Balance. Pindahkan Green slider menjadi +7 dan Cyan slider menjadi -14. Ini memberikan warna hijau muda lembut pada keseluruhan foto.

3. Memperluas Kanopi Hutan Dalam Photoshop
Langkah 1
Kita juga ingin menghilangkan beberapa langit putih di kanan atas foto yang akan menyebabkan masalah jika kita ingin menempatkan Nama Penulis dalam teks putih di atasnya. Sebuah trik yang rapi adalah menggunakan Content-Aware Move Tool (J) (ditemukan di sisi kiri tool bar ketika kamu memilih menu Healing Brush) untuk memperluas area kanopi di atas kuil.

Pilih Lasso Tool (L) dan gambarkan garis kasar di sekitar beberapa kanopi daun di atas kuil.

Canopy_1_not-600
Langkah 2
Dengan Content Aware Tool tetap dipilih tarik area terpilih untuk menutupi area putih di tengah kanopi. Atur Adaptation (di bagian atas control panel) menjadi Medium dan Photoshop akan mengisi celah di dalam kanopi. Ulangi tahap ini hingga kanopi lebih padat. Ini akan memungkinkan teks putih lebih tampak menonjol di atasnya.

Content-Aware-Tool
Canopy_2_not-600
Langkah 3
Simpan foto yang kamu edit sebagai jpeg kualitas tinggi (File, kemudian Export, pilih JPEG dari menu drop-down) di dalam lokasi yang dapat mudah kamu temukan.

4. Mengatur Layout Sampul Dalam InDesign
Buka InDesign, pilih File > New Document untuk membuka jendela New Document. Pastikan bahwa Intent diatur ke Print, pilih 1 page untuk Number of Pages dan batalkan memilih Facing Pages. Untuk Page Size pilih Custom dan beri nama ukuran custim halaman ini ‘Paperback Cover’.

Atur Width 285mm dan Height 216mm. Atur Margins 18 mm. Di dalam tutorial ini kita akan mengatur sampul untuk paperback, jadi atur Bleed 3mm.

Mengatur sampul untuk bagian belakang yang tebal akan memerlukan lebih bleed untuk membungkus tepi di sekitar sampul yang lebih tebal. Saya akan memilih bleed 5mm dalam hal ini.

New-Document-Window
5. Menambahkan Garis Bantu Pada Layout
Kamu perlu memasukkan garis bantu tambahan ke dalam dokumen untuk memberi tanda pada tulang dan membuat garis tengah sampul depan dan sampul belakang.

Tarik sebuah garis bantu dari penggaris yang berada di sepanjang sisi kiri menjadi 142.5mm – ini merupakan center line keseluruhan dokumen dan center line tulang dari atas ke bawah.

Untuk tutorial ini kita akan mengatur tulang selebar 12mm, cocok untuk sekitar 150 halaman kertas gsm 90, walaupun lebar tulang akan perlu dinaikkan/diturunkan (bersamaan dengan keseluruhan dokumen secara proporsional) jika bukumu memiliki lebih banyak atau lebih sedikit halaman. Tarik garis bantu lainnya dari penggaris kiri ke 136.5mm, dan tarik lainnya ke 148.5mm. Dimensi tulang sekarang telah selesai.

Penting juga mengetahui garis tengah sampul depan dan belakang untuk pensejajaran teks. Tarik garis bantu dari penggaris kiri ke 68.25mm dan tarik lainnya ke 216.75mm.

Guidelines
6. Meletakkan Foto
Langkah 1
Pilih Rectangle Frame Tool (F) dan tarik sebuah persegi panjang yang meluas sepanjang keseluruhan lebar dan tinggi dokumen, termasuk bleed.

Langkah 2
Pergi ke File > Place dan pilih foto yang telah kamu edit dan simpan. Pilih Open. Dengan frame tetap dipilih klik Fill Frame Proportionally di bagian atas control panel. Dobel klik frame untuk memilih foto secara langsung dan gunakan tombol panah untuk sedikit menyesuaikan posisi hingga kamu puas dengan hasilnya. Pastikan bahwa foto tetap mengisi keseluruhan frame.

Place-Photo
7. Mengimpor Pantone Swatch Pilihanmu
Langkah 1
Impor dua Pantone swatch yang ingin kita gunakan untuk sampul. Buka panel Swatches dan pilih New Color Swatch dari menu Swatches. Dari menu drop-down Color Mode pilih Pantone > Solid Coated dan cari “PANTONE 7416C”. Klik Add.

Langkah 2
Ulangi Langkah 1 untuk “PANTONE 571C”.

Swatches
8. Gunakan Efek Gradient Feather Untuk Memformat Background Sampul
Dengan menggunakan Rectangle Tool (M) tarik untuk membuat frame yang memiliki lebar dan tinggi yang sama dengan frame foto dan dalam posisi yang sama.

Dengan tetap memilih frame atur Stroke menjadi none dan Fill menjadi “Pantone 7416C”. Control-klik (Mac) atau klik kanan (PC) dan di bawah Arrange pilih Send to Back. Frame oranye seharusnya sekarang tidak tampak.

Pilih frame foto dan pergi ke Object > Effects > Gradient Feather untuk membuka jendela Effects. Atur Angle menjadi -106 derajat dan geser slider hitam di bawah Gradient Stops menjadi sekitar dua pertiga sepanjang sisi kanan.

Effects-Window
Klik OK. Sekarang sampul memiliki warna oranye yang tampak paling banyak pada bagian belakang.

Add-Gradient
9. Memilih Font Untuk Sampul
Aturan umum untuk desain sampul buku profesional adalah membatasi pilihan font pada dua font. Seringkali paling baik jika font ini kontras satu sama lain – yang satu bisa berupa sans serif, yang lainnya jenis tulisan tangan; itu benar-benar tergantung padamu, dan apa yang kamu rasa paling baik dengan sampul individual.

Untuk tutorial ini saya memilih font sans sederhana, “Gandhi Sans”, dan font tulisan tangan yang kontras, “CarbonType”.

10. Memasukkan Dan Format Teks Untuk Sampul Depan
Langkah 1
Pilih Type Tool (T) dan buat frame teks yang dimulai pada tepi kanan tulang dan berakhir di tepi kanan jauh dokumen. Atur 136.5mm untuk width dan 7mm untuk height. Pindahkan frame teks sehingga bagian atas frame berada di atas garis tepi (margin). Ketik ‘NAMA PENGARANG’ ke dalam frame. Soroti teks, atur Font menjadi “Gandhi Sans Bold”, Size menjadi 25pt, Tracking (jarak antara karakter) menjadi 100, Color menjadi White dan pilih Align Center dari control panel bagian atas.

Langkah 2
Buat frame teks lainnya pada lebar yang sama (136.5mm) dengan tinggi 32.5mm. Posisikan frame ini tepat di bawah Nama Pengarang dan di dalam pusat horizontal dokumen. Ketik ‘THROUGH (paragraph break) THE JUNGLE’. Soroti teks dan pilih Align Center

Soroti kata ‘THROUGH’, atur font menjadi “Gandi Sans Bold”, Size menjadi 61 pt, Tracking menjadi 20 dan Color menjadi “Pantone 7416C”. Soroti kata ‘THE JUNGLE’, atur font “Gandhi Sans Bold”, Size menjadi 48.5pt, Leading menjadi 43 pt, Tracking menjadi 50 dan pilih “Pantone 571C” untuk warna teks.

Langkah 3
Buat frame teks lainnya untuk ditempatkan di bagian bawah sampul depan. Atur width menjadi 136.5mm seperti sebelumnya, dan height menjadi 5mm. Bagian bawah frame hendaklah berada pada margin bawah. Ketik “tales of enlightening travel” ke dalam frame. Soroti teks, ratakan tengah seperti sebelumnya dan atur Font menjadi “CarbonType”. Atur Size menjadi 14.5 pt, Tracking menjadi -20 dan color menjadi “Pantone 571C”. Sooti hanya pada kata “enlightening” dan atur color menjadi white.

Front-Cover
11. Memasukkan dan Format Teks Untuk Tulang
Pilih Type Tool (T) dan buat frame teks 33mm wide dan 3mm high. Ketik ‘AUTHOR NAME’, format menjadi “Gandi Sans Bold”, 11pt size, Tracking di 100 dan color menjadi White. Control-klik (Mac) atau klik kanan(PC) dan di bawah Transform pilih Rotate 90 degrees Clockwise. Letakkan posisi atas frame teks di atas margin atas; itu hendaklah bergerak menuju ke bawah pada bagian tengah tulang.

Copy frame teks ini, paste, dan posisikan tepat di bawah frame teks pertama pada tulang. Sesuaikan width frame menjadi 83mm dan height menjadi 5.5mm. Pindahkan frame sehingga bagian atas berada 69.5mm di bawah dari bagian atas dokumen. Sekali lagi, posisikan bagian tengah frame ke tengah tulang.

Kamu juga dapat memilih untuk menambahkan nama Penerbit (jika relevan) pada bagian tulang dengan menggunakan metode yang sama. Tempatkan bagian bawah frame teks pada margin bawah dan atur warna teks menjadi hitam.

Spine_1
12. Memasukkan dan Format Teks Untuk Sampul Belakang
Pilih Type Tool (T) dan buat sebuah frame teks pada tepi kiri yang harusnya berada di margin kiri dan tepi atas harusnya berada di margin atas. Atur dimensi menjadi 104mm untuk width dan 71mm untuk height. Ini memungkinkan untuk 17 baris teks diatur sebagai “Gandhi Sans Regular”, size 10pt dengan 12pt leading, warna teks White, dan Justified dengan Last Line Aligned Left (pilih ini dari control panel atas). Masukkan uraian di sini atau masukkan teks pengisi untuk sementara dengan pergi ke Type dan Fill with Placeholder Text. Pilih beberapa kata pertama di dalam frame dan atur menjadi Bold.

Copy frame teks ini, paste, dan posisikan tepat di bawah frame teks pertama pada sampul belakang. Sesuaikan height frame menjadi 4.1mm. Pindahkan frame sehingga bagian atas berada 101mm di bawah dari bagian atas dokumen. Ini memungkinkan untuk 10 baris teks diatur sebagai “Gandhi Sans Regular”, size 10pt dengan 12pt leading, warna teks Black, dan Justified dengan Last Line Aligned Left, seperti sebelumnya. Masukkan Bio Pengarang atau masukkan teks pengisi seperti sebelumnya. Sekali lagi, pilih beberapa kata di dalam frame dan atur menjadi Bold.

Back-Cover_1_not-600
Berikut tip bagus. Pilih beberapa huruf pertama pada teks dan atur Drop Cap Number of Lines di dalam control panel atas menjadi 2 untuk membuat drop-cap yang tampak profesional.

Drop-Cap
13. Membuat Teks Pada Sampul Belakang Menonjol!
Langkah 1
Kamu telah menempatkan teks pada sampul namun pada bagian belakang dan tulang tampak sedikit…yah, tidak terbaca! Mari lakukan beberapa perbaikan untuk membuat teks benar-benar tampak.

Gunakan Rectangle Tool (M) untuk membuat frame 106.388mm dalam height dan 102.426 dalam width. Atur Stroke menjadi none dan Fill menjadi “Pantone 7416C”. Posisikan frame ini sehingga bagian atas frame berada di tepi bleed atas dan frame berada tepat di tengah bagian atas kotak teks yang berisi uraian pada sampul belakang.

Langkah 2
Pilih frame foto, frame oranye atas di bagian belakang dokumen dan frame oranye yang lebih kecil ini (kamu dapat melakukan ini dengan menarik mouse sepanjang bagian atas dokumen). Pastikan tidak ada lagi yang dipilih, kemudian Control-klik (Mac) atau klik kanan (PC) dan di bawah Arrange pilih Send to Back. Teks uraian akan dibawa ke depan.

Back-Cover_2_not-600
Langkah 3
Copy frame oranye kecil yang baru saja kamu buat paste, dan posisikan langsung di bawah frame oranye asal pada sampul belakang, sehingga bagian atas frame baru ini bertemu dengan tepi bawah frame oranye lainnya secara persis. Itu harusnya berada tepat di atas frame teks Bio Pengarang.

Sesuaikan height frame baru ini menjadi 44mm. Ubah Fill of the frame menjadi White dan pergi ke Object > Effects dan klik Transparency untuk membuka jendela Effects. Pastikan nilai default Mode ke Normal dan sesuaikan Opacity menjadi 65%. Klik OK.

Effects-Window_Transparency
Langkah 4
Pilih sekali lagi frame foto, frame oranye besar pada bagian belakang dokumen, dan frame putih transparan dengan menarik mouse sepanjang bagian bawah kiri dokumen. Seperti sebelumnya, pastikan tidak ada yang dipilih, kemudian Control-klik (Mac) atau klik kanan (PC) dan di bawah Arrange pilih Send to Back. Teks Bio Pengarang akan dibawa ke depan.

Back-Cover_3_not-600
14. Menonjolkan Teks Pada Tulang
Langkah 1
Dengan menggunakan Rectangle Tool (M) buat frame dengan width sekitar 4.75mm dan height sekitar 74.75mm. Tempatkan bagian atas frame terhadap tepi atas bleed dan pada bagian tengah tulang. Atur Stroke menjadi none dan Fill menjadi “Pantone 7416C”.

Pilih frame ini, frame foto dan frame oranye di bagian belakang dokumen dengan menarik mouse pada bagian atas tulang. Control-klik (Mac) atau klik kanan (PC) dan di bawah Arrange pilih Send to Back. Nama Pengarang pada tulang harusnya dibawa ke depan.

Spine_2
Langkah 3
Copy frame oranye sempit ini dan paste. Ubah Fill menjadi White, dan pindahkan frame baru ini sehingga tepi atas terhubung langsung dengan tepi bawah frame oranye sempit pada tulang.

Sekali lagi, setelah memilih frame putih ini, frame foto dan frame oranye besar pada belakang dokumen, Control-klik (Mac) atau klik kanan (PC) dan di bawah Arrange pilih Send to Back. Judul Buku dan Nama Pengarang pada tulang akan dibawa ke depan.

Spine_3
15. Menambahkan Logo dan Website Tambahan Pada Sampul Belakang
Apakah sampul ditujukan untuk buku terbitan mandiri pertama atau bestseller berikutnya, selalu merupakan ide yang bagus untuk menambahkan logo/nama perusahaan dan website atau alamat kontak pada sampul belakang. Ini juga merupakan titik bagus untuk memberi kredit pada fotografer dan tentu saja, dirimu sendiri – desainer sampul!

Di dalam contoh ini, saya menahan Shift sembari menarik Rectangle Frame Tool (F) untuk membuat frame bujur sangkar kecil pada kiri bawah sampul belakang. Kemudian, File, Place dan saya memasukkan logo berwarna putih untuk mencocokkan skema warna sampul.

Persis di bawah ini, dan disejajarkan terhadap margin kiri dan bawah, saya membuat Text Frame dan memasukkan alamat website. Kamu mungkin juga ingin memasukkan sebuah frame putih untuk barcode dan/atau detail harga untuk dimasukkan. Ada banyak website dan software yang tersedia yang dapat membuat barcode unik, dan mungkin berguna jika bukumu ditujukan untuk distribusi dan penjualan.

Lower_back_cover
16. Mempersiapkan Sampul Untuk Dicetak
Pertama-tama, dan terpenting, periksa bahwa tidak ada kesalahan pengejaan. Periksa juga bahwa artwork melebihi tepi dokumen hingga tepi bleed.

Ketuk ‘W’ untuk berpindah antara tampilan Normal dan Preview untuk memeriksa bahwa kamu puas dengan sampul akhir. Pergi ke File, Export dan pilih Adobe PDF (Print) dari menu drop-down. Pilih nama file yang sesuai dan lokasi untuk menyimpan PDF, kemudian klik Save.

Export-Window
Di bawah General, dan di dalam menu drop-down Adobe PDF Preset pilih Press Quality.

Export-Adobe-PDF
Di bawah Marks and Bleeds, pilih All Printer’s Marks di bawah menu Marks dan pilih Use Document Bleed Settings di bawah menu Bleed and Slug.