Membuat Gambar Menjadi Huruf Menggunakan Adobe Photoshop

Hay guys, pada kesempatan kali ini saya akan share tutorial Tentang bagaimana cara merubah gambar menjadi huruf mengunakan Adobe Photoshop.

Sebelum Masuk ke tutorial kali ini, ada beberapa komopenen yang harus kita sediakan seperti, Gambar dan Font yang nantinya akan kita gunakan untuk Membuat Gambar Menjadi Huruf.

Baiklah dari pada teman-teman penasaran mari langsung saja kita mulai tutorial cara Mengubah gambar menjadi sebuah huruf, caranya sebagai berikut:

  1. Langkah pertama buka software Adobe Photoshop -> buatlah Layer baru dengan cara tekan CTRL+N atau klik File -> New kemudian atur Name : Untilited (Bebas/Terserah Anda) “Width : 210 Height : 297 Resolution 300lalu klik “OK”.

  1. Langkah berikutnya Tekan huruf “T” pada keyboard untuk membuat Teks/Tulisan pada Layer yang telah kita buat tadi di Photoshop. Kemudian ketikkan tulisan sesuai dengan yang Anda inginkan, untuk trik kali ini saya membuat tulisan “MARVEL IRON MAN” dengan menggunakan Font : Arial. Setelah itu atur posisi dan ukurannya.

  1. Selanjutnya masukkan gambar yang telah Anda download tadi yang nantinya akan kita gunakan untuk membuat Efek dari Tulisan Bergambar. Klik File -> Open atau CTRL+O, setelah itu carilah gambar yang Anda Download tadi.

 

  1. Tekan/tahan Klik kiri pada Iron man, lalu pindahkan ke Layer yang bertulisan MARVEL IRON MAN.

  1. Setelah itu, pada Iron Man, pindahkan posisi Layer 1 (Iron Man) tepat di bawah Layer yang bertulisan Marvel Iron Man, lihat gambar dibwawah ini.

  1. Jika langkah diatas berjalan dengan mulus maka, sekarang kita akan memposisikan Teks MARVEL IRON MAN di tempat yang ideal sehingga teks tersebut memiliki gambar.

  1. Lalu aktifkan Layer Teks Marvel Iron Man dengan cara klik Layer Teks Marvel Iron Man pada window layers yang berada di sebelah kanan.

  1. Next, pilih/klik Magic Wand Tool pada window Tools Bar atau dengan menekan huruf “W” pada keyboard.

  1. Seleksi bagian luar dari Teks Marvel Iron Man dengan cara Klik pada bagian luar Teks Marvel Iron Man sehingga akan muncul garis putus-putus di setiap sisinya, lihat gambar di bawah ini.

  1. Setelah Anda melakukan Seleksi, aktifkan kembali ”Layer 1” (Gambar Iron Man) pada window layers yang ada disebelah kanan. Setelah Anda mengaktifkan Layer 1 tekan tombol “DELETE” pada keyboard sehingga sebahagian gambar atau bagian yang telah Anda seleksi sebelumnya itu akan terhapus. Kemudian tekan “CTRL+D” untuk menghilangkan garis putus-putus atau garis seleksi.

  1. Selanjutnya lakukan Seleksi pada gambar yang berada di tengah huruf yang belum terhapus yaitu huruf, A, R, R, O,Dan A dengan cara seperti pada Tahap 7, 8, dan Sehingga hasilnya seperti gambar dibawah ini.

  1. Sampailah kita pada tahap akhir, sekarang hapus “Layer Teks Marvel Iron Man” dengan cara klik kanan “Layer Teks Marvel Iron Man” pada window layers kemudian Klik “Delete Layer” lalu Klik “YES”.

 

  1. Tambahkan sedikit sentuhan effect “Drop Shadow” Sehingga hasilnya akan seperti gambar berikut.

Demikian lah tutorial cara Membuat gambar menjadi huruf, Semoga dapat bermanfaat bagi seluruh pembaca, sampai jumpa pada artikel-artikel kami selanjutnya, Terimakasih…