Di era digital saat ini, semuanya membutuhkan sentuhan seorang desainer grafis. Bayangkan jika informasi atau komunikasi  disampaikan dalam bentuk yang biasa saja atau disampaikan dengan teks biasa, tentu tidak akan menarik perhatian. Oleh karena itu,peran desain grafis sangat dibutuhkan.

Perkembangan desain grafis saat sekarang ini memiliki peran penting untuk aneka ragam industry kreatif digital di tanah air.

desain grafis awalnya hanya diterapkan untuk media-media cetak, seperti buku, koran, majalah atau brosur. Tetapi sejalan dengan perkembangan zaman, desain grafis juga diterapkan dalam media elektronik, yang dapat kita sering dengar sebagai desain multimedia.

Semua bidang dalam kehidupan membutuhkan desain grafis. Manfaat desain grafis dapat kita rasakan secara nyata di kehidupan sehari-hari.

Lalu, apa sih desain grafis itu?

Desain grafis adalah salah satu bentuk komunikasi visual yang di dalamnya menggunakan gambar untuk menyampaikan informasi.

untuk menjadi seorang desainer yang handal, maka sangat diharuskan memiliki pengetahuan dan pemahaman yang cukup tentang dunia desain grafis.

Seorang desainer grafis harus melewati beberapa proses untuk bisa mempublish hasilnya desainnya ke berbagai media offline maupun online.

Proses yang harus dilalui dari awal hingga akhir merupakan proses disain grafis yang memiliki 5 proses :

  1. Pengumpulan ide ide
  2. Visualisasi bentuk
  3. Pembuatan design
  4. Kritik
  5. Publish

Seorang desainer grafis juga harus paham tentang perkembangan tren desain terbaru. Karena dunia desain tidak jauh beda dengan dunia fashion. Supaya wawasan dan pengetahuan tentang desain makin bertambah dan selalu up to date, maka seorang desainer harus membuat karya desain yang sedang tren.

Seorang desainer memang seharusnya membuat karya yang fleksibel sesuai dengan tren desain grafis, namun seorang desainer grafis juga harus mempunyai ciri khas dalam karya-karyanya. Ciri khas akan muncul dengan sendirinya sesuai pengalaman kok, hehe….

Untuk menjadi seorang desainer grafis yang handal dan professional, seorang desainer harus kreatif dan terus belajar supaya hasil karya desain menjadi maksimal.

 

Semoga bermanfaat, terima kasih…