(sumber : dafideff.com)

keterbacaan teks bergantung pada hal-hal seperti tinggi baris, panjang paragraf, ukuran font, pilihan jenis huruf, spasi huruf, dan masih banyak lagi. Mengenai spasi huruf, jika masih baru dalam mempelajari tipografi, hal terbaik yang harus di lakukan adalah tidak menggunakannya secara berlebihan. Maksudnya adalah jangan membuat jarak antar huruf terlalu besar atau terlalu kecil, walaupun jarak tersebut sudah terlihat bagus, namun orang akan sulit membacanya, dan itu akan merusak pengalaman mereka.

  • kerning pada Huruf Kapital

Adanya huruf kapital agar supaya huruf tersebut muncul di awal kalimat atau kata benda, dikombinasikan dengan huruf kecil. Jika huruf kapital bersebelahan, jarak di antara keduanya terlalu sempit, Jadi untuk menghasilkan bacaan yang lebih baik, jarak perlu ditingkatkan kembali, Ini berlaku untuk ukuran font besar dan kecil.

  • kerning pada huruf judul

Jika menggunakan font dengan baik, harus yakin bahwa font tersebut dirancang dengan baik, dan tidak perlu melakukan penyesuaian besar ataupun kecil padanya. Namun, terdapat masalah dengan tajuk berita yaitu bahwa pada skala yang lebih besar jarak antar huruf terlihat tidak seimbang, dan Itu bisa diperbaiki dengan menambah atau mengurangi nilai spasi huruf.Terdapat tipografi “Roboto” dan “San Francisco”, yang pertama digunakan didalam Desain material, dan yang kedua digunakan didalam ekosistem apple. Judul dari 20 hingga 48 piksel memiliki nilai spasi huruf positif atau tidak sama sekali, Jika ukuran font lebih besar, spasi huruf menjadi negatif, lalu angka-angka ini tidak akan bekerja dengan baik untuk tipografi lain. Jika ingin mendesain banyak aplikasi atau berencana untuk melakukannya, gunakan Desain Material default dan pedoman Apple untuk tipografi, karena keduanya seimbang dan menghemat banyak waktu.

  • kerning pada isi tekt

Terkadang perubahan kecil dapat membuat perbedaan besar dalam performa teks. Misalnya contoh dari condenced font (huruf yang memiliki jarak yang lebih dekat dari normal) pada ukuran yang kecil huruf-huruf tersebut terlalu dekat satu sama lain, yang menyebabkan keterbacaan yang buruk dengan meningkatkan spasi huruf sebesar 1,5%, itu akan terlihat bahwa teks sekarang lebih mudah dibaca.

  • Perhatikan Ketinggian Garis

Jika memiliki tinggi garis lebih dari 120%, kemungkinan besar spasi huruf negatif akan menyebabkan tampilan paragraf yang tidak seimbang. Untuk menyempurnakannya, itu harus dipertahankan pada 0% atau hanya sedikit peningkatannya.

  • Teks terang di Latar belakang yang gelap

Pada latar belakang yang gelap, teks putih terlihat terlalu terang dan karena itu huruf tampak terlalu rapat. Agar lebih terbaca tambahkan sedikit spasi huruf agar lebih nampak dan jelas.

demikian pentingnya kerning dalam mempengaruhi bacaan, semoga ilmunya bermanfaat ya guys, sekian terimakasih 🙂