1. Dasar dasar desain

Pertama, sudah pasti kamu akan belajar dasar-dasar desain grafis, seperti elemen dan prinsip desain. Mempelajari elemen desain, seperti titik, garis, bentuk, tekstur, ruang, dan warna menjadi materi pertama yang akan kamu temui. Selain itu, kamu juga akan belajar tentang prinsip desain  seperti keseimbangan (balance), kesatuan (unity), ritme, penekanan (emphasis), proporsi, kontras, repitisi, dan unity (kesatuan). Mengapa seorang desainer grafis perlu mempelajari dasar-dasar dalam desain grafis? Tujuannya, agar mampu merancang suatu desain yang berkualitas, menarik dan berguna untuk memvisualisasikan ide atau memecahkan masalah tertentu.

2. Warna

Warna memiliki peran yang vital dalam sebuah desain. Warna dapat mewakili citra, menciptakan emosi, persepsi bagi yang melihatnya dan bahkan berkomunikasi tanpa menggunakan kata sama sekali. Walaupun menjadi hal yang sangat penting, tidak jarang penentuan warna juga menimbulkan masalah bagi para desainer grafis pemula.

3. Fotografi

Fotografi memiliki peranan besar sebagai pendukung desain komunikasi visual untuk mengkomunikasikan suatu produk atau jasa kepada khalayak sasaran. Dengan melihat foto suatu produk, seseorang dapat mengenali produk yang bersangkutan dengan lebih baik, dari pada membayangkan saja. Melalui ini, diharapkan dapat memberikan gambaran singkat mengenai apa perbedaan antara fotografi dan fotografi desain.

4. Menggambar Kreatif

Desain grafis tidak lepas dari yang namanya menggambar, oleh karena itu diperlukan skill menggambar kreatif agar karya yang dihasilkan terlihat luar biasa. Selain itu, penting untuk kita pelajari teknik, cara dan proses menggambar yang mencakup perspektif, light and shadow, mengarsir dll.

5. Tipografi

Tipografi dalam desain grafis merupakan satu elemen yang sangat krusial dan juga merupakan elemen yang paling sering dipakai untuk melengkapi suatu desain. Coba perhatikan desain di sekeliling kalian, desain poster, desain suatu produk, desain iklan, semua mengandung unsur tipografi.

 

6. Komunikasi dan presentasi

Selain ilmu tentang desain dan software desain yang harus dipelajari seorang desainer grafis juga harus belajar berkomunikasi dan presentasi, karena semua desain yang kita buat akan sia sia belaka jika kita tidak bisa mempresentasikannya

Itulah hal yang wajib dipelajari oleh seorang desainer grafis, semoga bermanfaat!!