Seperti yang kita tahu, Corel Draw adalah sebuah software pengolah grafis dengan berbasis vektor atau garis, dimana unsur dasar yang mendasarinya adalah garis. Keuntungan dari grafis jenis vektor ini adalah gambar akan mempunyai ukuran kapasitas file yang  relatif  kecil apabila dibandingkan dengan pengolah grafis  berbasis bitmap. Namun demikian, versi CorelDRAW terbaru sudah menyertakan filter-filter efek pegolah bitmap dalam fungsi tersendiri, yang dapat dipakai untuk memanipulasi penataan objek dalam sebuah komposisi gambar yang diinginkan. Semuanya terpulang pada kreativitas dan imajinasi penggunanya.

Sejak pertama kali diperkenalkan pada tahun 1989 sampai sekarang Corel Draw sudah dikembangkan sampai versi X8 oleh Corel Corporation yang berpusat di Otawa, Canada. Sotfware ini sendiri sangat banyak diminati terutama oleh para perancang grafis atau desainer grafis karena lebih mudah digunakan untuk mendesain, seperti mendesain logo perusahaan, stationery, poster, banner, packaging dan masih banyak yang lainnya.

  •  Sejarah Awal Corel Draw

Corel Corporation awalnya didirikan oleh Dr. Michael Cowpland pada tahun 1985. Beliau merupakan seorang staf dari Corel Corporation, menjual produk Corel kepada Intel Based Desktop Publishing System, yang merupakan sejarah awal dibuatnya CorelDRAW. Kemudian pada tahun 1987, Corel Corporation merekrut Michel Bouillon dan Pat Beirnet sebagai programer. Akhirnya Corel Draw atau tepatnya Corel Draw 1.0 dirilis pada tahun 1989 bersamaan dengan diluncurkannya Windows 3.1.

Sejak pertama dirilis, Corel Corporation merasa memiliki sebuah produk yang istimewa di tangan mereka. Sebagai software grafis pertama untuk platform Windows, Corel Draw telah mengubah cara orang dalam mengekspresikan ide-ide dalam mendesain, dan para pengguna telah percaya sekaligus menikmati program tersebut sejak saat itu.

  •  Format File Corel Draw

Corel Draw merupakan software editor grafik dengan jenis format grafik vektor dan grafik raster. Format file utama dari Corel Draw adalah *.cdr. Satu kelemahan yang dimiliki software Corel Draw adalah tidak dapat membuka file format *.cdr yang lebih baru dengan software versi di bawahnya. Namun demikian, pengguna masih bisa membuka dan mengedit beragam file ekstensi *.cdr dengan software lain seperti: Adobe Illustrator, Corel PaintShop Photo Pro, Corel WordPerfect Office, Inkscape, LibreOffice, Macromedia Freehand, Microsoft Visio 2002, sK1, Xara Designer Pro, dan Xara Photo & Graphic Designer.

Sejarah Corel Draw Versi 1.0

Corel Draw Versi 1.0 (1989)

Corel Draw Versi 1.0 ini berjalan di bawah Windows 3.0 dan 3.1. Corel Draw ditransformasikan ke dalam ilustrasi serius yang mampu menggunakan font. Instalasi software ini hanya menggunakan 2 disket 3.5 inch. Software ini sudah memadai untuk membuat kartu undangan, kartu nama, logo, dan kop surat. Di versi ini sering mengalami perombakan ulang sampai menempuh 5 kali update dalam jangka waktu 1 Januari 1989 sampai 2 Februari 1990.

cynthialrn.wordpress.com

Kelebihan Coreldraw

  • Hasil gambar berbasis vektor lebih baik

Definisinya, vektor merupakan kumpulan dari bentuk datar polygon yang dibentuk sedemikian rupa dengan perbandingan ratio gambar dan ukuran sehingga menghasilkan apa yang Kita sebut desain gambar. Vektor ini memiliki kelebihan dibandingkan format konvensional Bitmap dimana hasil gambarnya tidak pecah saat diperbesar, karena format vektor memiliki perbandingan ratio, sehingga ukurannya akan relatif terhadap ratio dasarnya. Berbeda dengan format Bitmap yang merupakan format konventional untuk gambar di sistem operasi Windows, saat gambar bitmap diresize atau diperbesar maka gambar akan pecah. Hal itu terjadi karena format Bitmap tidak memiliki perbandingan ratio dan menggunakan satuan titik piksel, sehingga saat diperbesar, satuan pixel pun ikut berubah menjadikan gambarnya menjadi blur.

  • Dukungan format Import / Export yang banyak

Dukungan format file untuk keperluan export / import ini menjadi penting guna portabilitas suatu aplikasi agar bisa dibuka atau minimal di-view di aplikasi lain dari jenis aplikasi yang sama. Adapun untuk dukungan tersebut di aplikasi Coreldraw ini, menyediakan cukup banyak format file populer untuk keperluan export / import, diantaranya adalah : AI – Adobe Illustrator, DWG – AutoCAD, PDF – Adobe Portable Document Format, PSD – Adobe Photoshop,  TIF – TIFF Bitmap dan masih banyak lagi.

Coreldraw merupakan aplikasi yang user-friendly, artinya mudah digunakan baik oleh orang yang sudah professioanl maupun oleh orang pemula sekalipun. Hal ini mengingat disediakanya fitur help, dan bantuan online yang melimpah. Serta Menu-menu dan toolbar yang familiar dan mudah dipelajari sehingga memudahkan para pemula untuk memahami kegunaan dari setiap item pengoperasian yang ada di software Coreldraw ini.

  • Tersedianya banyak tool, baik selection, editing, dan pemberian efek

Hal ini tentunya yang dapat mempermudah dalam mengoperasikan dan menghasilkan gambar yang menarik pada software coreldraw. Hal ini menjadi daya tarik tersendiri karena semakin banyak menu dan item yang disediakan dalam suatu software, menandakan bahwa banyak hal yang bisa dilakukan dengan software tersebut, dan ini merupakan daya tarik tersediri dari software lain yang sejenis.

  • Menjadi standar industri dan perusahaan

Aplikasi Coreldraw saat ini sudah menjadi aplikasi standar di dalam berbagai keperluan untuk pengerjaan desain di  berbagai perusahaan. Lembaga-lembaga khursus pun sudah banyak yang menggunakan aplikasi ini sebagai materi yang dimasukkan kedalam materi studinya.

Kekurangan Coreldraw

  • Resource dan ukuran file yang besar

Pada saat ini, rasanya sudah bukan menjadi rahasia umum lagi bahwa jika semakin banyak fitur desain yang disediakan oleh software design, maka akan semakin banyak pula penggunaan resource memory nya. Khususnya pada aplikasi design Coreldraw ini. Dikarenakan banyaknya fitur yang tersedia, maka Corel Draw akan menuntut spesifikasi PC yang mumpuni dalam sektor memory (RAM) dan juga graphic card, ukuran file mentahan yang dihasilkan oleh Coreldraw bisa menjadi cukup besar dengan semakin kompleks bentuk dan rangkaian vektor yang dibuat. Hal ini sebanding dengan kualitas gambar yang dihasilkan oleh software desain yang satu ini.

  • Saat penggabungan dua objek vektor dan Photo / bitmap kualitas cetakanya kurang memuaskan

Kualitas cetak gambar yang kurang memuaskan ini bisa saja terjadi dikarenakan adanya perbedaan jenis dari kedua gambar yang akan disatukan. Dimana gambar yang satu menggunakan metode penggambaran pixel, dan gambar yang satu lagi berbasis polygon 2d. Membuat kualitas cetakan gambar yang dihasilkan diantara penggabungan keduanya kadang kurang memuaskan. Untuk membuat hasil grafik yang baik, perlu dilakukan sedikit tuning melalui pengaturan gambar, dan juga pada perangkat pencetakan. Hal ini dimaksudkan untuk mendapatkan hasil cetak yang optimal. Pastikan untuk menyimpan pengaturan yang sudah dirubah agar bisa melihat hasil pengaturan yang sudah dibuat tersebut.

  • Pembuatan tabel yang cukup sulit di Coreldraw

Pembuatan tabel di Coreldraw agak sedikit sulit karena Coreldraw sendiri merupakan aplikasi berbasis vektor, berbeda dengan aplikasi word processing yang mana untuk penyisipan tabel relatif mudah. Pada aplikasi berbasis vektor seperti Coreldraw, membutuhkan beberapa klik untuk mendapatkan hasil atau layout tabel yang tepat sesuai yang diinginkan.

  • Tidak cocok untuk pengeditan foto

Hal ini terjadi karena target platform yang berbeda. Dimana Photoshop merupakan aplikasi editing foto bitmap, sedangkan Coreldraw merupakan aplikasi editing Vector. Hal ini merupakan perbedaan yang cukup mendasar untuk dikatakan bahwa aplikasi Coreldraw ini kurang cocok untuk editing foto. Namun demikian, meskipun dikatakan kurang cocok, kita masih bisa melakukan pekerjaan foto sederhana di Coreldraw, meski dengan dukungan yang terbatas.

  • Isu kompatibiltas Untuk File tertentu

Isu yang ada bahwa aplikasi Coreldraw memiliki sedikit masalah kompatibilitas terhadap beberapa versi file yang lebih lama (older file version). Akan tetapi ini tidak mengurangi kemampuannya dalam menangani berbagai kebutuhan editing grafis.

Oke, itu tadi merupakan sedikit ulasan mengenai kelebihan dan kekurangan mengenai software Corel Draw, semoga arikel ini dapat bermanfaat buat kalian para desainer grafis pemula, dan juga untuk menambah wawasan para pembaca.