Ada yang mengatakan bahwa mencari kerja sekarang sulit, lapangan kerja juga seakan semakin mengecil. Tapi jika dilihat kembali, sebenarnya ada banyak peluang yang mungkin hanya bisa dilihat oleh segelintir orang.

Dalam artikel yang berjudul “Profesi yang menggunakan software Adobe Photoshop “akan mengulas profesi yang mengunakan Software adobe photoshop sebagai editing foto dan perusahaan yang bergerak dibidang grafis. Namun kali ini yang dibahas hanya 5 bidang pekerjaan, namun bukan berarti yang bisa mengoperasikan software adobe photoshop hanya bisa masuk 5 pekerjaan ini ya.

  1. Fotografer

Pekerjaan fotografer termasuk menghilangkan noda pada subjek tepat setelah gambar diambil, menambahkan sumber cahaya di mana pun diperlukan, menyesuaikan warna dan menambahkan detail kreatif pada gambar Anda. Semua wawasan kreatif ini dapat diperoleh dengan menggunakan Photoshop.

  1. Desainer Grafis

Desainer grafis termasuk profesi yang khsus dibidang seni grafis. jadi aplikasi Adobe Photoshop wajib di kuasai. mulai dari pembuatan logo, flyer, brosur, baliho dll, semunya bisa dibuat pakai photoshop. namun para desainer grafis juga memerlukan aplikasi khsus vector seperti coreldraw dan adobe illustrator. karena photoshop lebih fokus ke pengeditan berbasis bitmap.

  1. Desainer Web

Desainer Web merupakan orang yang ahli dalam pembuatan website. mulai dari penyusunan element sampai gambar-gambar yang memperindah tampilan suatu website/blog. kalau kalian melihat tampilan blog/website yang indah, itu 80% hasil pengeditan photoshop, kemudian di konversi kedalam bentuk html atau website.

Dalam pembuatan sebuah website, memerlukan gambar yang kemudian diberikan penempatan. sehingga hasilnya terstruktur. jadi peran photoshop disini sebagai aplikasi dasar. adapun jenis file yang sering dipakai berekstensi png dan jpg.

4.     Toko Online.

 Usaha yang bergerak dibidang penjualan online harus membutuhkan seorang yang mahir photoshop. Dalam dunia toko online yang dijual adalah gambar atau foto. Adobe photoshop memiliki fungsi utama sebagai editing foto atau gambar. Maka dari itu toko online adalah tempat yang cocok bagi kamu yang mahir dalam editing foto menggunakan software adobe photoshop.Tinggal kita cari toko online yang dekat dengan daerah tempat tinggal kita di google dan lansung cari alamatnya.

5.     Percetakan dan Periklanan

Dalam era modern ini percetakan maupun periklanan sangat marak tak terkecuali di negara kita.  Setiap pedagang memerlukan media untuk memperlihatkan tampilan kedai yang dimiliki. Atau misalnya lagi setiap perusahaan membutuhkan ruang untuk promosi produk yang dimilikinya. Ya, dua contoh kasus diatas merujuk pada banner, media promosi yang satu ini sangat banyak kita temui disepanjang jalan. Untuk membuat banner software yang paling sering digunakan adalah adobe photoshop, selain corel draw tentunya. Dunia percetakan dan periklanan umumnya memproduksi beberapa produk diantaranya banner, poster, pamflet, brosur, cetak foto, kartu nama, dan masih banyak lagi. Software adobe photoshop akan sangat dibutuhkan dalam dunia percetakan dan periklanan.

  1. Bloggers

Terakhir adalah Blogger. karena saya seorang blogger, maka disarankan 100% untuk menguasai photoshop. soalnya dalam sebuah artikel, gambar itu berperan penting dalam menghalusinasi para pembaca. tanpa gambar, pembaca sulit mengimajinasikan tulisan kita. dan juga google menjadikan gambar sebagai salah satu point penting dalan SEO (search engine optimization).

Dunia komputer sangat luas sekali dan memperluas lapangan pekerjaan bagi yang mampu menggunakan komputer. Bayangkan kita cuma bisa adobe photosop saja sudah ada banyak bekerjaan yang siap menampung jasa kita. Apalagi  diluar sana masih banyak sekali software maupun hardware yang tentu dibutuhkan dalam bidang perekonomian. Tinggal pintar-pintar kita dalam mencari pekerjaan.

Nah untuk itu kira kira dari beberapa ulasan mengenai profesi yang menggunakan software adobe photoshop Kalian akan memilih profesi yang mana ni?.

Semoga artikel ini bias bermanfaat untuk anda yang sedang bingung dalam mencari pekerjaan, dan semoga juga bisa menjadi panduan anda untuk berkarir di Photoshop. Terimakasih.